Jakarta (ANTARA) -
Komisi I DPR RI mengapresiasi keberhasilan TNI yang melakukan beragam kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam situasi pandemi COVID-19.
 
"Kami memonitor semua gerak langkah TNI sejak awal pandemi masuk Indonesia dan sampai saat ini hasilnya sangat positif dan memuaskan," kata Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa.
 
Hal itu, lanjut dia, mulai dari penegakan disiplin protokol kesehatan, mengawal pembagian sembako bersama dengan pemerintah daerah hingga kegiatan vaksinasi.
 
"Efektivitas kerja TNI sangat membantu masyarakat di tengah situasi pandemi COVID-19," tuturnya.

Baca juga: Anggota DPR: TNI aktif dukung vaksinasi COVID-19
 
Kesuksesan peran aktif TNI juga mendapat apresiasi publik sebagaimana tampak dalam tingginya tingkat kepuasan publik pada upaya TNI melakukan pengendalian pandemi di setiap daerah yang sebangun dengan citra TNI yang mencapai 95,5 persen. Angka ini lebih baik dibandingkan dengan sejumlah lembaga tinggi negara lainnya. paparnya.
 
Survei publik, katanya, menunjukkan kepuasan sangat tinggi pada kinerja TNI dalam melakukan pengendalian pandemi di setiap daerah.
 
"Semua ini patut diapresiasi dan tentu menjadi kado istimewa bagi TNI pada HUT Ke-76," kata Christina.
 
Pada usia yang ke-76, dia mengharapkan TNI semakin matang, memperlihatkan jati diri sesungguhnya sebagai tentara rakyat yang profesional, unggul, modern, transparan, semakin siap, responsif terhadap dinamika, dan tantangan-tantangan baru ke depan.

Baca juga: Puan: Kesejahteraan prajurit perlu ditingkatkan
 
Dinamika sektor pertahanan tentu harus menjadi perhatian TNI, termasuk mempersiapkan diri menghadapi dinamika menyangkut kedaulatan maritim, gangguan kelompok bersenjata, ancaman perang siber, perlombaan senjata, dan kondisi geopolitik saat ini.

"Kami berharap TNI dapat lebih meningkatkan lagi kedisiplinan dan loyalitasnya pada sumpah prajurit, termasuk menghindari konflik antarmatra maupun dengan anggota kepolisian," katanyai.
 
Selain itu, ujar dia, tentunya meningkatkan kedekatan dengan masyarakat dan sejauh mungkin menekan konflik dengan elemen masyarakat di beberapa daerah.
 
"Kami di Komisi I DPR RI tetap berkomitmen untuk terus berjuang meningkatkan kesejahteraan prajurit sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan perbaikan neraca keuangan negara," kata Christina.

Baca juga: Puan Maharani: TNI perlu penguatan di bidang teknologi
 
#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021