Semoga ke depannya kita bisa meningkatkan pariwisata Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengungkapkan kegiatan balapan dunia World Superbike 2021 di sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit dapat menjadi momentum positif bagi pariwisata Indonesia.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi salah satu momen positif bagi kita, apalagi baru-baru ini juga kita sudah mendengar adanya rencana untuk bisa mulai membuka pintu Indonesia bagi pengunjung mancanegara yang akan diselenggarakan dalam kurang lebih dua pekan mendatang," ujarnya dalam konferensi pers Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Sponsorhip dan Peluncuran Nama Resmi sirkuit Mandalika secara daring di Jakarta, Kamis.

Pahala berharap upaya yang dilakukan oleh BUMN betul-betul memberikan manfaat bagi kemajuan pariwisata Indonesia.

Bertempat di Kementerian BUMN, Jakarta pada Kamis (7/10), Wamen BUMN I Pahala Nugraha Mansury bersama Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer, dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah menghadiri penandatanganan perjanjian antara Pertamina dan ITDC itu serta peluncuran nama resmi sirkuit Mandalika.

Menurut Pahala, hal tersebut merupakan kerja sama antara BUMN dengan pemerintah daerah, khususnya di Lombok serta Nusa Tenggara Barat.

"Semoga ke depannya kita bisa meningkatkan pariwisata Indonesia," katanya.

Sebelumnya ajang balap seri pemungkas musim kejuaraan dunia World Superbike yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, akan digelar pada 19-21 November 2021.

Kembalinya seri WSBK ke Indonesia, sejak terakhir kali menjadi tuan rumah pada 1994-1997, tentunya sangat ditunggu oleh para pengemar yang memiliki basis kuat di Tanah Air.

Tak hanya itu, Sirkuit Mandalika untuk pertama kalinya akan menjadi tuan rumah Idemitsu Asia Talent Cup, yang juga dikelola oleh Dorna Group, pada 12-14 November.

Sementara itu, pengerjaan aspal trek Sirkuit Mandalika telah dirampungkan pada pertengahan Agustus lalu, dan sirkuit sepanjang 4,3 km itu disiapkan juga untuk menjadi tuan rumah MotoGP tahun depan.

Kendati kalender MotoGP 2022 belum dirilis oleh Dorna Sports, Sirkuit Mandalika sudah mendapatkan slot untuk menjadi tuan rumah tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari, satu pekan berselang setelah tes pramusim pertama di Sepang, Malaysia.

Baca juga: Wamen BUMN: Sirkuit Mandalika dorong keberlanjutan pariwisata Lombok

Baca juga: 5.000 tentara dikerahkan jaga WorldSBK di Sirkuit Mandalika

Baca juga: Jelang World Super Bike, Gubernur minta PNM bantu UMKM di Mandalika

Baca juga: LPS puji Bank NTB Syariah berani biayai pembangunan Sirkuit Mandalika

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021