Jayapura (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus menggencarkan sosialisasi terkait penerapan protokol kesehatan di setiap kawasan arena pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

"Satgas Penanganan COVID-19 Pusat BNPB berpartispasi menekan penyebaran, khususnya di arena PON XX," kata Supervisor Subsatgas Protokol Kesehatan PON XX Kabupaten Jayapura sekaligus Tenaga Ahli BNPB Marsekal Muda Asep Chaerudin di Jayapura, Kamis.

Menurut dia, penguatan penerapan protokol kesehatan harus terus digencarkan karena dikhawatirkan kedatangan para atlet dan ofisial dari berbagai wilayah dapat menimbulkan klaster baru dan peningkatan kasus COVID-19 di Bumi Cenderawasih.

Oleh karena itu, Satgas Penanganan COVID-19 Pusat bersama Satgas Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Merauke sejak sebelum PON XX dimulai terus menekankan penerapan protokol kesehatan pada setiap orang.

Baca juga: Kepala BNPB yakin pengendalian COVID-19 di PON XX Papua berjalan baik 
Baca juga: Kepala BNPB semangati relawan Satgas Prokes jaga PON Papua 


Dalam pelaksanaannya, BNPB juga menyebarkan masker kepada masyarakat, atlet, ofisial hingga penonton yang hadir di seluruh arena pertandingan. 

Sejak 26 September hingga 6 Oktober 2021, total masker yang telah dibagikan di empat kabupaten dan kota penyelenggara PON XX mencapai 1.125.173 lembar. Dengan rincian, Kota Jayapura sebanyak 367.000 lembar masker.

Kemudian di Kabupaten Jayapura, Satgas telah membagikan 321.000 lembar masker, Kabupaten Mimika 188.000 lembar dan Kabupaten Merauke 249.173 lembar masker.

Asep mengungkapkan pembagian masker tersebut dibantu langsung oleh 3.099 relawan yang bertugas di empat titik kota dan kabupaten tempat PON XX Papua diadakan. 

Baca juga: BNPB: 400 ribu masker terdistribusi di Mimika saat PON Papua 
Baca juga: Satgas pastikan prokes berjalan ketat di arena PON XX di Mimika 
Baca juga: BNPB pastikan PON XX Papua aman dari lonjakan kasus COVID-19 

 

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021