Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani berharap Tim Seleksi calon anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027 yang telah dibentuk Presiden Joko Widodo, dapat mengirimkan calon-calon terbaik ke DPR untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan.

Dia menyambut baik langkah Presiden telah membentuk Timsel calon anggota KPU-Bawaslu 2022-2027, dan diharapkan bisa mengajak putra-putri terbaik bangsa untuk mendaftar menjadi calon penyelenggara pemilu.

"Hal itu agar nama-nama calon anggota KPU dan Bawaslu yang jalani uji kelayakan di DPR adalah yang terbaik, dan pada akhirnya DPR akan memilih yang terbaik dari terbaik untuk menyelenggarakan pemilu," ujar Puan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, penyelenggaraan pemilu harus berjalan dengan baik demi terjaminnya hak konstitusional warga untuk memilih dan dipilih dalam pesta demokrasi.

Menurut dia, penyelenggaraan pemilu yang baik, salah satu faktornya adalah penyelenggara pemilu yang cakap, kredibel, berintegritas dan independen.

"Karena itu penyelenggaraan pemilu yang baik harus dimulai dari seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu yang transparan dan akuntabel oleh Timsel," ucap dia.

Baca juga: Kemendagri: 2024 butuh penyelenggara pemilu mampu tangani COVID-19

Baca juga: Koalisi Kawal Pemilu sampaikan catatan terkait timsel KPU-Bawaslu


Puan menilai komposisi Timsel KPU dan Bawaslu yang dibentuk Presiden sudah memenuhi unsur pemerintah, akademisi dan masyarakat, serta keterwakilan perempuan seperti yang diamanatkan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Dia mengajak semua pihak mendukung dan mengawasi kinerja Timsel KPU-Bawaslu agar bisa bekerja dengan baik untuk publik.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengumumkan Tim seleksi calon anggota KPU RI dan Bawaslu RI periode 2022-2027.

Mendagri Tito Karnavian di Jakarta, Senin (11/10), mengatakan ada 11 nama yang mengisi jabatan pada tim seleksi tersebut.

Daftar tim tersebut mengacu pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 120/P Tahun 2021 tentang pembentukan Tim seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan calon anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) masa jabatan 2022-2027.

Sejumlah 11 anggota Timsel tersebut adalah Juri Ardiantoro menjabat sebagai ketua merangkap anggota Timsel, Chandra M Hamzah sebagai wakil ketua merangkap anggota, Bahtiar sebagai Sekretaris merangkap anggota.

Sementara delapan anggota Timsel lainnya yaitu Edward Omar Sharif Hiariej, Airlangga Pribadi Kusman, Hamdi Muluk, Endang Sulastri, I Dewa Gede Palguna, Abdul Ghaffar Rozin, Betti Alisjahbana, dan Poengky Indarty.

Baca juga: Juri Ardiantoro: Timsel KPU-Bawaslu kerja transparan dan independen

Baca juga: Mendagri tegaskan tak ada intervensi Timsel KPU-Bawaslu


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021