Jakarta (ANTARA) -
Relawan Balad Jokowi menyebutkan ada tiga nama yang bisa melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo pada periode mendatang.

Ketua Umum Balad Jokowi M Muchlas Rowi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, menyebutkan ada beberapa kriteria yang menjadi acuan untuk melihat sosok-sosok yang bisa meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi.
 
Jika harus disebut, kata Muchlas, maka sosok Gubernur Jateng Ganjar Pranowo adalah salah satunya. Sosok lain, menurut dia, ada Erick Thohir dan Puan Maharani.
 
“Nama pertama dan kedua, adalah sosok pekerja keras, jika keduanya diduetkan akan menjadi kekuatan dahsyat untuk bangsa ini. Perpaduan antara penganut populisme dan pragmatisme, keduanya akan sangat taktis namun akomodatif terhadap aspirasi publik,” kata Muchlas.
 
Kemudian kata dia perlu diingat pula nama Puan Maharani juga tak dapat dipandang sebelah mata. Jika dipasangkan dengan format bagaimanapun, maka Puan Maharani akan sangat potensial.
 
Menurutnya sosok Puan Maharani di bawah asuhan ibundanya, Megawati Soekarnoputri, tumbuh jadi pemimpin yang punya feeling politik amat kuat. Sementara melalui ayahnya Taufik Kemas, Puan mewarisi kepiawaian untuk merajut silaturahmi kebangsaan.
 
“Warisan kepemimpinan yang dimiliki Puan ini tentu saja penting, agar bangsa ini di masa depan tidak lupa sejarah dan gagap menghadapi perbedaan,” katanya.
 
Dia menyebutkan perhelatan Pilpres 2024 memang masih sangat jauh. Namun sejauh mana pun dipandang, maka kekuatan politik atau siapa pun yang siap meneruskan kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf Amin haruslah mempersiapkan diri dari sekarang.
 
Relawan Balad Jokowi yang di Pemilu 2019 ikut berjuang di akar rumput meyakini, kesiapan para penerus kepemimpinan bangsa ini bukan hanya membuka jalan tetapi juga membuka dukungan yang mungkin dapat dipertimbangkan oleh para simpatisan, relawan sekaligus masyarakat.
 
“Jika sudah ada yang siap dan dinilai layak, maka sebaiknya siapa pun mulai mempersiapkan diri, jangan malu-malu. Karena dengan begitu, kita jadi tahu apa yang bisa dilakukan, dan bisa membuka dukungan dari siapa pun,” kata Muchlas Rowi.
 
Menurut Balad Jokowi, penerus kepemimpinan Jokowi memerlukan sosok-sosok segar yang tak cuma populer di kalangan masyarakat, namun juga pekerja keras dan punya kreativitas ketika menjalankan tugasnya sebagai pemimpin.
 
Mereka, kata Muchlas, adalah sosok-sosok yang mampu membawa Indonesia melewati era digitalisasi, yang sanggup menghemat banyak hal, serta efektif dan efisien di segala bidang.
 
Kemudian, juga sosok yang benar-benar akomodatif terhadap perubahan teknologi serta mampu mengakomodasi kekuatan politik, ekonomi dan sosial yang ada.

Baca juga: Balad Jokowi sebut Presiden konsisten mendukung Palestina

Baca juga: Survei: Ganjar, Prabowo, Ridwan Kamil tiga besar bursa capres


 

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021