Panglima TNI cek kesiapan Bandara Ngurah Rai menerima tamu 19 negara

id panglima TNI,Hadi Tjahjanto,panglima ke Bali,Wisman ke Bali,Wisman 19 negara,Bandara Ngurah Rai,wisatawan ke bali

Panglima TNI cek kesiapan Bandara Ngurah Rai menerima tamu 19 negara

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) memeriksa kesiapan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Sabtu (23/10/2021), untuk menerima kedatangan wisatawan mancanegara dari 19 negara. ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Bali (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, di Bali, Sabtu, memeriksa kesiapan pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menerima kedatangan tamu asing dari 19 negara yang telah diizinkan masuk sejak 14 Oktober 2021.

Panglima TNI bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meninjau seluruh area pemeriksaan yang diperuntukkan bagi tamu asing setibanya mereka di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Area-area pemeriksaan itu, yang terletak di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Ngurah Rai, mencakup antara lain pemeriksaan suhu rubuh, pengecekan dokumen kesehatan, ruang tes PCR, lorong imigrasi, pengambilan bagasi, bea cukai, ruang tunggu, dan titik terakhir pemeriksaan yang akan mengantarkan para wisatawan langsung ke tempat karantina.

Di Terminal Kedatangan Bandara Ngurai Rai itu, Panglima TNI dan Kapolri mendengar penjelasan langsung dari Direktur Umum Angkasa Pura I Faik Fahmi mengenai kesiapan bandara menerima tamu asing.

“Proses datang keluar penumpang melalui pemeriksaan ini kurang lebih 70 menit. Ini proses yang sangat baik, mudah-mudahan ini bagian dari dukungan kita memastikan kelancaran wisatawan ke Indonesia,” kata Faik Fahmi saat memberi penjelasan di hadapan Panglima TNI dan Kapolri.

Usai mendengar penjelasan dan pemaparan dari pengelola bandara, Panglima TNI dan Kapolri pun melihat dan mengecek langsung simulasi kedatangan ratusan tamu asing di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Simulasi itu, menurut pihak bandara adalah peragaan keenam yang telah digelar oleh pihak pengelola. Setidaknya kurang lebih ada 400 orang yang berperan sebagai penumpang asing dalam kegiatan itu.

Di tempat yang berbeda, saat memberi arahan dalam Apel Gelar Pasukan Kesiapan Kedatangan Wisatawan Mancanegara di Provinsi Bali, Panglima TNI meminta seluruh jajaran yang bertugas menaati prosedur.

“Kita merasa lega dan merasa senang karena situasi semakin membaik dan kondisi ini harus dipertahankan,” kata Panglima TNI.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengingatkan seluruh pihak yang bertugas bahwa pandemi COVID-19 belum berakhir dan kemungkinan adanya mutasi akan selalu ada.

“Mari kita siapkan dengan baik. Seluruh komponen memiliki peran yang sama mempersiapkan kedatangan wisatawan mancanegara. TNI, Polri, Imigrasi, KKP, BNPB, Bea Cukai, Satpol PP memiliki peran yang sama menyadarkan masyarakat tentang peran protokol kesehatan,” kata Panglima TNI.

Kedatangan ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai merupakan rangkaian kegiatan Panglima TNI selama di Bali. Di samping meninjau kesiapan bandara, Panglima TNI juga memeriksa kesiapan sarana karantina di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua dan memberi pengarahan kepada pasukan yang akan bertugas menjaga kedatangan wisatawan asing di Lanud I Gusti Ngurah Rai.
Baca juga: Kemenkumham Bali siagakan pelayanan imigrasi di Bandara Ngurah Rai
Baca juga: Anggota DPR apresiasi pengurangan masa karantina wisman ke RI

Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar