Ciawi, Bogor (ANTARA) - Puluhan santri di pondok pesantren yang berlokasi di Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar Pranowo dan Puan Maharani untuk maju di Pemilihan Presiden 2024.

"Kita mengakomodir suara di arus bawah terkait dukungan Ganjar-Puan untuk maju sebagai Presiden dan wakil presiden RI, makanya kami laksanakan deklarasi perdana ini, tetap untuk keputusan itu ada di Ibu Megawati sebagai Ketum PDIP," ungkap Ketua Umum Front Ganjar-Puan (FGP) Timur Kiemas usai deklarasi di Ciawi, Bogor, Minggu.

Adik Taufik Kiemas itu menyebutkan bahwa deklarasi duet politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) serupa akan dilakukan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) FGP provinsi lain.

Baca juga: Dukungan Anies Baswedan maju Pilpres 2024 dimulai dari Bogor
Baca juga: Relawan Banjarmasin deklarasikan Sandiaga Uno Capres 2024

Baca juga: Bappilu PDIP: Deklarasi RPM 2024 dilakukan relawan tak terkait partai

Deklarasi dukungan para santri tersebut dipimpin oleh Panglima DPD FGP Jabar, Ustaz Taslim Hidayatullah. Usai deklarasi menurutnya jajaran pengurus serta relawan akan melakukan langkah-langkah taktis yang dibutuhkan.

"Usai deklarasi, kami akan melakukan langkah taktis dan konkret, di mana kami akan menyosialisasikan pasangan bakal calon presiden-wakil presiden ini ke tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh lainnya di Provinsi Jawa Barat," kata Ustaz Taslim.

Menurutnya, Ganjar merupakan sosok santri dari Nahdlatul Ulama (NU) dan Puan seorang nasionalis kakeknya, Soekarno.

"Kami mendeklarasikan pasangan Ganjar Pranowo dan Puan Maharani ini karena merupakan aspirasi dari masyarakat akar rumput, bakal calon presiden dan wakil presiden ini mewakili kaum agamis dan nasionalis," tuturnya.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021