berupaya untuk ikut menjaga keseimbangan ekosistem
Badung (ANTARA) - PLN UP3 Bali Selatan mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan 30 persen ruang terbuka hijau dengan melakukan penanaman 6.900 bibit pohon di beberapa lokasi di Provinsi Bali seperti di Badung, Jembrana, dan Bangli.

"PLN ingin ikut serta untuk mewujudkan 30 persen ruang terbuka hijau di Bali dan akan terus mendukung kegiatan penghijauan kawasan hutan di tengah kota," ujar Manager UP3 Bali Selatan Bobby Cristya Surya dalam keterangan yang diterima di Badung, Selasa.

Bibit pohon yang ditanam untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia itu terdiri dari pohon buah, mangrove, pohon lainnya dengan total Rp100 juta ini diserahkan langsung oleh PLN kepada ketua komunitas penggiat lingkungan tersebar di Bali.

Baca juga: Program Merah Putih Hijau tanam pohon Bambu di TPA Temesi Gianyar-Bali
Baca juga: LPPM Unud tanam 3.000 pohon bakau

Bobby Cristya Surya menjelaskan, PLN menyerahkan bantuan bibit antara lain di Kawasan Hutan Tahura Ngurah Rai sebanyak 300 bibit berupa sawo kecik, ketapang kencana, cemara laut dan lindur dengan total Rp15 juta.

Sedangkan bibit pohon lainnya yakni sebanyak 5.000 bibit mangrove diserahkan di Kawasan Hutan Mangrove Desa Budeng, Jembrana dengan total nilai Rp35 juta.

Selain itu, PLN juga menyerahkan bantuan bibit sebanyak 1.600 bibit pohon yang terdiri dari bibit genitri, enau, cendana, beringin, majegau, pule, mundeh, batu lampo, dan juwet senilai Rp50 juta untuk areal Hutan Kawasan Pura Dalem Balingkan, Desa Pinggan Kecamatan Kintamani, Bangli.

"Kami terus berupaya untuk ikut menjaga keseimbangan ekosistem di Bali, sehingga hutan-hutan di Bali tetap eksis untuk mempertahankan keberlangsungan kelestarian lingkungan," kata Bobby Cristya Surya.

Baca juga: Gubernur tanam seribu pohon di sekolah unggulan
Baca juga: Yayasan Dwijendra Tanam Ratusan Pohon Penghijauan

Sementara itu, Perwakilan UPT Tahura Ngurah Rai Made Yuda Wibawa yang turut menyaksikan penyerahan bantuan itu menyampaikan apresiasinya kepada PLN yang berkomitmen dalam pelestarian lingkungan.

“Lokasi kawasan Hutan Tahura Ngurah Rai memang sudah direncanakan untuk dilakukan penghijauan, namun baru saat ini bisa terealisasi berkat bantuan dari PLN. Dan semoga apa yang kita tanam hari ini dapat memberikan dampak positif bagi ekosistem lingkungan Bali,” ujarnya.

Baca juga: WIKA Tanam 1.000 Pohon Bakau di Bali

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021