Jakarta (ANTARA) - Bayern Muenchen berharap pemain gelandangnya asal Jerman, Leon Goretzka, segera pulih dari cedera pinggul dan bisa tampil dalam pertandingan penting di Bundesliga melawan Borussia Dortmund, Sabtu.

"Untuk Leon kemungkinannya adalah 60/40, jadi tidak akan diputuskan sampai besok. Masih ada masalah yang melilit," kata pelatih Bayern Julian Nagelsmann, Jumat, dikutip AFP.

"Saya harap dia bisa bermain, tetapi resikonya terlalu besar untuk membiarkan seseorang bermain tidak dalam kondisi 100 persen."

Pemuncak liga Jerman, Bayern, hanya unggul satu poin dari Dortmund yang berada di posisi kedua menjelang pertandingan di Signal Iduna Park.

Bayern sudah tanpa Joshua Kimmich yang menjalani isolasi setelah positif tes Covid-19 dan rekannya di lini tengahnya, Goretzka, juga masih berjuang memulihkan cedera.

Jika Goretzka masih menepi, gelandang serang berusia 18 tahun Jamal Musiala kemungkinan akan menggantikannya setelah berlatih di lini tengah sebagai persiapan.

Striker cadangan Bayern Eric Maxim Choupo-Moting juga bisa dimainkan jika tes PCR-nya untuk Covid-19 negatif pada Jumat ini, tetapi Nagelsmann mengatakan dia bukan pilihan dimainkan.

Baca juga: Kasus COVID naik, Dortmund batal jual tiket laga kontra Bayern

Striker Bayern, Robert Lewandowski, bisa diturunkan menghadapi bekas klubnya itu setelah sempat kecewa lantaran gagal meraih Ballon d'Or yang disabet Lionel Messi pada Senin silam.

"Dia tidak tampak frustrasi. Di mata saya dia pantas mendapatkan gelar, tapi dia sangat profesional," kata Nagelsmann tentang Lewandowski.

"Di satu sisi, penting untuk membiarkan kekecewaan meresap dan pada saat yang sama menarik energi darinya."

Rekor penularan virus corona di seluruh Jerman turut berdampak di Signal Iduna Park - yang biasanya menampung 80.000 orang - kini hanya diperkenankan maksimum dihadiri 15.000 penonton.

Meski demikian, Nagelsmann mengaku merasakan tekanan menjelang pertandingan pertamanya melawan Dortmund sebagai pelatih Bayern, "Saya perhatikan kemarin malam saya sedikit lebih tegang".

Sebagai mantan pelatih klub Hoffenheim dan RB Leipzig, Nagelsmann hanya menang sekali melawan Dortmund dalam 12 pertandingan di Bundesliga.

"Saya belum memiliki statistik terbaik, tetapi ini adalah pertandingan penting bagi klub kami," tambah Nagelsmann.

"Kami memiliki klaim tertentu. Antisipasinya sudah sangat tinggi," tambahnya saat Bayern berambisi melanjutkan rekor enam kemenangan beruntun mereka atas Dortmund.

Baca juga: Pemain Bayern marah mengapa bukan Lewandowski yang menang Ballon d'Or
Baca juga: Klasemen Liga Jerman: Bayern, Dortmund bersaing menuju Der Klassiker

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021