Pekan ini Omicron masuk ke kawasan ASEAN, Semeru meletus

id gunung semeru,varian omicron,vaksin merah putih,dana desa,gunung merapi

Pekan ini Omicron masuk ke kawasan ASEAN, Semeru meletus

Warga mengamati rumah yang tertimbun abu vulkanik guguran Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Akibat guguran awan panas Gunung Semeru, belasan warga dilaporkan hilang dan puluhan rumah rusak. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/rwa .

Jakarta (ANTARA) - Dalam pekan ini masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan karena virus corona varian Omicron dilaporkan sudah masuk ke kawasan ASEAN, uji klinik vaksin Merah Putih sudah masuk tahap final, dan Gunung Semeru meletus.

Selain itu ada warta mengenai mitigasi dampak letusan Gunung Merapi dan penyaluran dana desa yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Omicron sudah masuk ASEAN, Pemerintah minta masyarakat taat protokol kesehatan

Pemerintah meminta seluruh masyarakat menaati protokol kesehatan serta aturan perjalanan menjelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 mengingat virus corona tipe SARS-CoV-2 varian Omicron dilaporkan sudah masuk ke kawasan ASEAN.

Gunung Semeru meletus

Gunung Semeru pada Sabtu sore meletus dan melontarkan abu vulkanik ke arah barat dan barat daya. Menurut Kementerian Kesehatan, bencana tersebut menyebabkan setidaknya 45 orang terluka.

Sleman tanggap darurat banjir lahar dingin Merapi

Pemerintah Kabupaten menetapkan status tanggap darurat bencana banjir lahar dingin atau lahar hujan Gunung Merapi menyusul kejadian banjir lahan hujan pada Rabu (1/12).

Penyaluran BLT Dana Desa masih terkendala

Kantor Staf Presiden (KSP) menyampaikan bahwa penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa masih menghadapi kendala administratif di lapangan.

BPOM: Uji klinik vaksin Merah Putih memasuki finalisasi

Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan Penny K Lukito mengatakan bahwa uji klinik penggunaan vaksin Merah Putih yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga telah memasuki tahap final.

 

Pewarta : Prisca Triferna Violleta
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar