Dinkes sebut Kota Malang sudah bisa masuk PPKM level 1

id Kota Malang,Dinkes Kota Malang,PPKM,Vaksinasi

Dinkes sebut Kota Malang sudah bisa masuk PPKM level 1

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif saat memberikan keterangan kepada media, di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021). (ANTARA/Vicki Febrianto)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Malang menyatakan bahwa wilayah Kota Malang di Jawa Timur, saat ini sudah bisa memasuki kategori level 1 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) seiring sejumlah capaian penanganan pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif di Kota Malang, Selasa mengatakan bahwa jika dilihat dari indikator pencapaian vaksinasi, secara umum vaksinasi warga sudah mencapai 99 persen untuk dosis pertama dari target sasaran 856 ribu orang.

"Saat ini untuk capaian vaksinasi dosis satu 99 persen dan dosis kedua sudah 88 persen. Kalau dari indikator tambahan vaksin, sudah ada di level 1, Kota Malang sudah masuk," kata Husnul.

Husnul menjelaskan, sementara untuk vaksinasi warga lanjut usia, dari total sasaran target vaksinasi sebanyak 83.115 warga, tercatat 66 persen sudah mendapatkan suntikan vaksin dosis pertama dan 56 persen untuk dosis kedua.

Baca juga: Sepuluh kabupaten kota di Jawa timur berstatus PPKM level 1

Baca juga: Kecuali Malang Raya-Bali, Luhut klaim penurunan kasus COVID-19


Selain itu, lanjut Husnul, terkait adanya kasus baru COVID-19 diupayakan tidak boleh lebih dari lima kasus per 100 ribu penduduk, per minggu. Kemudian kasus rawat inap baru juga tidak boleh lebih dari 20, per 100 ribu penduduk per minggu.

Selain itu, untuk kasus kematian juga tidak boleh lebih dari 1 per 100 ribu per hari, dan positivity rate tidak boleh lebih dari lima persen. Tracing juga harus diperkuat dengan total pelacakan lebih dari 14 pelacakan per satu kasus konfirmasi positif COVID-19.

"Terakhir, bed occupancy rate tidak boleh lebih dari 60 persen. Secara keseluruhan ada delapan indikator untuk bisa masuk ke level 1 PPKM," katanya.

Saat ini, di wilayah Kota Malang tengah menerapkan PPKM level 2. Dengan status tersebut maka sejumlah pelonggaran dilakukan yang bertujuan untuk memutar kembali roda perekonomian yang terdampak pandemi COVID-19.

Saat ini, secara keseluruhan ada sebanyak 15.642 kasus konfirmasi positif COVID-19, dengan kasus aktif tercatat tujuh kasus. Dari total tersebut, sebanyak 14.510 orang dilaporkan telah sembuh, sebanyak 1.125 orang dinyatakan meninggal dunia.

Baca juga: Pemkot Malang pastikan tidak ada vaksin COVID-19 kedaluwarsa

Baca juga: Vaksinasi seluruh warga Kota Malang diharapkan rampung akhir 2021


Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar