kondisi terakhir debit air masih terus meningkat
Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak enam gampong atau desa di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Aceh Timur terendam banjir akibat curah hujan dengan intensitas tinggi melanda wilayah setempat, menurut Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA).

“Banjir terjadi akibat hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Aceh timur dan sekitarnya,” kata Kepala Pelaksana BPBA Ilyas melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) di Banda Aceh, Kamis.

Ilyas menjelaskan melanda enam gampong di Kecamatan Sungai Raya sejak pukul Kamis (9/12) sekitar pukul 11.45 WIB. Hingga saat ini, menurut BPBA, belum ada warga yang mengungsi dan korban jiwa.

Menurut Pusdatin, beberapa gampong yang terendam seperti Gampong Bukit Selamat, Paya Ketapang, Sungai Simpang, Seneubok Pasee, Buket Drien dan Krueng Lingka, yang semuanya berada di wilayah Sungai Raya.

Untuk data sementara, korban yang terdampak meliputi Gampong Bukit Selamat sebanyak 40 kepala keluarga (KK), Paya Ketapang 30 KK, Sungai Simpang 20 KK, Senebok Pase 30 KK, Buket Drien 30 KK dan Krueng Lingka sebanyak 10 KK.

“Petugas di lapangan masih terus melakukan pendataan, termasuk sedang pendataan dampak material. Hingga saat ini belum ada pengungsi dan korban jiwa,” kata Ilyas.

Baca juga: Lima desa di Aceh Utara terendam banjir
Baca juga: Banjir bencana paling dominan di Aceh pada November 2021
Baca juga: BPBD: Banjir kembali rendam tiga kecamatan di Aceh Utara


Petugas BPBD Aceh Timur terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait penanggulangan banjir, ikut terlibat TNI/Polri hingga masyarakat.

“Kondisi terakhir debit air masih terus meningkat dikarenakan bersamaan dengan pasang laut,” kata Ilyas.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk waspada akan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang di sejumlah daerah di Indonesia pada Kamis (9/12).

Dalam sistem peringatan dini cuaca, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang, yakni di Aceh, Bali, Bangka Belitung, Bengkulu, Banten, DKI Jakarta, Gorontalo.

Selain itu, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sumatera Selatan.

Baca juga: Ratusan rumah di Aceh Timur terendam banjir

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021