"Menindaklanjuti gagasan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada tahun 2030."
Jakarta (ANTARA News) - Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tetap berkeinginan mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA pada 2030, demikian tertera dalam laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Minggu.

"Para Menlu negara-negara ASEAN ingin mendorong inisiatif-inisiatif yang berorientasi publik termasuk upaya pencalonan ASEAN sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA di tahun 2030," demikian pernyataan tersebut.

Pernyataan serupa juga tertera dalam keterangan tertulis tentang kesepakatan yang diambil oleh para pemimpin negara-negara di ASEAN dalam sidang pleno KTT ke-18 ASEAN di Balai Sidang Jakarta, Sabtu (7/8).

"Menindaklanjuti gagasan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada tahun 2030," demikian salah satu keputusan tersebut.

Keputusan tentang Piala Dunia yang diadakan Asosiasi Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) itu tergabung dalam beberapa keputusan ASEAN untuk bidang sosial budaya, selain kerja sama dalam bidang penanggulangan bencana dan bidang pendidikan.

Gagasan tentang pencalonan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030 itu, menurut laman Kementerian Luar Negeri, juga pernah muncul dalam pertemuan informal khusus mengenai KTT Asia Timur di Bangkok, Thailand, April 2011 silam.(11/04/2011).

Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa hadir dalam pertemuan tersebut. Pertemuan ini adalah tindaklanjut kesepakatan "ASEAN Foreign Ministers Retreat" di Lombok, 15-17 Januari 2011.
(F008*D013*G003/R007)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011