Jakarta (ANTARA News) - TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Amerika Serikat kembali menggelar latihan bersama di Laut Jawa untuk memantapkan kerja sama angkatan laut kedua negara.

Juru bicara TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Tri Prasodjo mengatakan latihan bersama bertajuk "Cooperation Afloat Readiness and Training" atau CARAT itu dilakukan dalam dua tahap.

Pertama, di darat melalui program pertukaran bidang keteknikan dan pengendalian kerusakan, bakti sosial pelayanan medis umum dan gigi.

Tahap selanjutnya dilakukan di atas laut, yaitu mengembangkan kemampuan maritim dalam hal pengamanan maritim, pertukaran informasi, operasi laut gabungan, latihan patroli dan penggunaan meriam, serta latihan anti-perompakan dan anti-penyelundupan, kata Tri.

Ia mengatakan, latihan bersama yang rutin dilakukan itu bertujuan memelihara hubungan baik kedua militer terutama angkatan laut kedua negara, tercapainya peningkatan koordinasi dan kerja sama taktis antarsatuan TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut AS.

"Sekaligus meningkatkan profesionalisme militer kedua negara dalam pelaksanaan operasi bersama," kata Tri.(*)

ANT/R018



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011