Pengadaannya dari APBD tahun 2021 sejumlah 200 set. Per set terdiri satu APAR, satu 'lifejacket' dan satu 'lifebuoys'
Samarinda (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Timur memberikan bantuan 200 set alat keselamatan pelayaran kepada para pemilik dan operator kapal penyeberangan sungai dan danau di kabupaten/kota di provinsi itu.

"Pengadaannya dari APBD tahun 2021 sejumlah 200 set. Per set terdiri satu APAR, satu 'lifejacket' dan satu 'lifebuoys'," kata Kepala Dishub Kaltim Arih Frananta Filipus Sembiring, di Samarinda, Selasa.

Menurut Sembiring, keberadaan alat keselamatan pelayaran sangat penting, bahkan wajib dimiliki setiap kapal penyeberangan umum, sebagai jaminan keamanan bagi masyarakat.

Baca juga: KKP: 20 ABK kapal asal Vietnam positif COVID-19 di Muara Berau

Karenanya, lanjut Sembiring, kepedulian Pemprov Kaltim ini tidak lain sebagai upaya sekaligus perhatian demi keamanan bagi pelaku usaha penyeberangan (kapal kayu) yang tersebar di berbagai daerah.

Mengawalinya, jelasnya, telah dibagikan 10 set secara simbolis pada Hari Perhubungan Nasional 2021 di Halaman Kantor Dinas Perhubungan Kaltim oleh Sekda Kaltim HM Sa'bani.

Selanjutnya, diserahkan tujuh paket (set) alat keselamatan pelayaran kepada tujuh pemilik kapal penyeberangan yang beroperasi di Pelabuhan Logpond GM Kaubun Kutai Timur.

Baca juga: SAR gabungan temukan jasad pria diduga korban kapal meledak di Mahakam

"Alhamdulillah bisa diserahkan langsung Bapak Gubernur Isran Noor saat kunjungan kerja ke wilayah utara kepada para pemilik kapal setempat," ungkapnya.

Sembiring menambahkan dengan bantuan Pemprov Kaltim berupa alat keselamatan pelayaran, paling tidak pemilik kapal merasa pemerintah hadir bersama mereka dalam pengembangan dan keamanan kapal-kapal penyeberangan.

Baca juga: Kapal tongkang muat kayu akasia terbakar di Siak berasal dari Kaltim

Dia meminta pemilik kapal agar bantuan yang diterima itu tetap berada di dalam kapal, tidak berada di tempat lain atau tempat yang tidak sesuai peruntukkannya.

"Mudah-mudahan apa yang telah kita berikan bermanfaat secara baik. Kami berupaya memberikan dalam jumlah banyak dan berstandar maksimal," pesannya.

Baca juga: Empat wilayah Kaltim masih bertahan di zona hijau COVID-19
 

Pewarta: Arumanto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022