Pada saat Gelombang 23 dibuka, Sobat Prakerja yang telah memiliki akun tinggal klik 'Gabung Gelombang' untuk mengikuti seleksi
Jakarta (ANTARA) - Program Kartu Prakerja telah membuka pembuatan akun calon penerima program untuk 2022 pada Rabu ini yang dapat dilakukan melalui situs www.prakerja.go.id, menurut Direktur Operasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Hengki Sihombing.

"Silakan Sobat Prakerja membuat akun, sembari menunggu Gelombang 23 yang waktu pembukaannya akan kami umumkan saat kami mendapatkan keputusan dari Komite Cipta Kerja," kata Hengki dalam pernyataan diterima di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kartu Prakerja tambahkan fitur pencarian pekerjaan "job search"

Dia menjelaskan dengan membuat akun sebelum dilakukan pembukaan gelombang pertama untuk 2022 maka akan dirasakan kemudahan saat akan memulai proses menjadi calon penerima nanti dengan memanfaatkan fitur dashboard.

"Pada saat Gelombang 23 dibuka, Sobat Prakerja yang telah memiliki akun tinggal klik 'Gabung Gelombang' untuk mengikuti seleksi, tanpa harus lagi mengisi kelengkapan administrasi serta rangkaian tes awal," jelasnya.

Baca juga: Kartu Prakerja bantu PMI purna kerja kembali beraktivitas

Baca juga: Kemenpan RB: Kartu Prakerja contoh untuk jawab tantangan digitalisasi


Terkait informasi pembukaan gelombang yang baru, dia mengatakan bahwa calon peserta dapat mengikuti perkembangannya lewat akun media sosial Instagram milik Kartu Prakerja.

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja juga mengingatkan kepada calon pendaftar agar berhati-hati terhadap situs palsu maupun tautan apapun yang mengatasnamakan program tersebut.

"Jika ada yang meminta untuk mengisi data pribadi selain di website Kartu Prakerja, itu sudah pasti penipuan yang berusaha mencuri data pribadi dari Sobat Prakerja. Saya mengingatkan pembuatan akun dan pemberian data pribadi untuk tujuan mendapatkan manfaat Kartu Prakerja hanya ada di www.prakerja.go.id," demikian Hengki.

Baca juga: Kartu Prakerja disebut inovasi layanan publik

Baca juga: Menaker: Sembilan lompatan ketenagakerjaan modal jalankan JKP di 2022

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022