Berdasarkan data selama periode 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022, terjadi peningkatan jumlah arus penumpang domestik datang maupun berangkat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Badung (ANTARA) - Pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali melayani 406.682 penumpang selama periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Berdasarkan data selama periode 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022, terjadi peningkatan jumlah arus penumpang domestik datang maupun berangkat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya," ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandar udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Herry A.Y Sikado di Kabupaten Badung, Kamis.

Ia mengatakan, capaian jumlah penumpang periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 meningkat sekitar 56,5 persen jika dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya yakni 260.476 orang penumpang.

Baca juga: Bandara I Gusti Ngurah Rai siap dukung penyelenggaraan KTT G20

Pada periode itu, jumlah arus pergerakan penumpang datang maupun berangkat tertinggi tercatat terjadi pada tanggal 19 Desember 2021 dengan total 28.975 orang penumpang.

"Pada akhir masa Nataru terjadi puncak arus balik sebesar 24.731 penumpang yaitu pada tanggal 2 Januari 2022 lalu,” katanya.

Herry Sikado mengungkapkan, capaian itu merupakan hasil dari kerja sama dan sinergit dari seluruh komunitas bandar udara dan pihaknya optimistis bahwa tingkat kunjungan pada tahun 2022 akan semakin meningkat.

Ia juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam posko terpadu monitoring angkutan udara selama 19 hari masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Menurutnya, seluruh stakeholder terkait telah melaksanakan fungsi dan peran masing-masing dalam kelancaran, keselamatan, keamanan operasi penerbangan di Bandar udara Internasional I Gusti Ngurah Rai secara baik dan sesuai prosedur.

"Saya memohon kerja sama dan sinergi untuk dapat terus menerus meningkatkan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa bandar udara," ungkapnya.

Baca juga: Penumpang Bandara Ngurah Rai tumbuh 20 persen pada November 2021

Sementara itu,Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Putu Eka Cahyadhi menambahkan, pelaksanaan Posko Angkutan Nataru 2021/2022 di Bandara I Gusti Ngurah Rai telah berjalan lancar, aman dan terkendali.

Berbagai regulasi baik yang berkaitan dengan protokol kesehatan juga telah dilaksanakan oleh unsur-unsur terkait baik penyelenggara bandara, maskapai, ground handling, instansi pemerintah serta tim posko Nataru Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dukungan dan kerja sama seluruh pihak selama periode angkutan Natal dan Tahun Baru di Bandar udara Internasional I Gusti Ngurah Rai sehingga operasional posko ini dapat berjalan aman, tertib, dan lancar dari awal hingga akhir," ujarnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022