Vaksin booster sudah mulai untuk lansia, sedangkan untuk karyawan dimulai dari Senin besok
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat mempercepat penyuntikan vaksin "booster" kepada warga yang telah dua kali menjalani vaksinasi, terutama orang lanjut usia (lansia), guna mencegah penyebaran COVID-19 varian Omicron.

Pelaksana tugas Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainnah, di Jakarta, Jumat, mengatakan, percepatan penyuntikan vaksin "booster" di seluruh kecamatan untuk meningkatkan daya tahun tubuh agar tidak mudah terpapar.

"Vaksin booster sudah mulai untuk lansia, sedangkan untuk karyawan dimulai dari Senin besok," katanya.

Menurut Iin Mutmainnah, distribusi vaksin "booster" untuk sasaran 200 orang di setiap kecamatan di Jakarta Barat. Dengan semakin banyak warga yang mendapatkan vaksin tahap tiga, Iin yakin penyebaran wabah COVID-19 varian omicron bisa semakin dicegah.

"Kami juga mengingatkan warga untuk taat protokol kesehatan dalam beraktivitas," kata dia.

Sebelumnya, satu orang warga di Kelurahan Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat, dinyatakan terpapar COVID-19 varian Omicron pasca menjalani tes kesehatan awal Januari ini.

Satu warga berinisial R itu pun kini tengah menjalani isolasi mandiri di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta Pusat. Selain di Krukut, Belakang kembali muncul temuan kasus COVID-19 varian Omicron di kawasan Kebon Jeruk.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk, Yefy Eskar, saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, mengatakan, enam orang warga yang terpapar COVID-19 itu terdiri empat orang warga Kelurahan Kedoya Selatan, serta masing-masing satu orang warga Kelurahan Duri Kepa dan Kelurahan Suka Bumi Utara.

"Keenam orang itu terkonfirmasi positif COVID-19 varian Omicron setelah menjalani tes swab PCR dan tes lanjutan. Mereka semua telah dirujuk ke Wisma Atlet Kemayoran," katanya.

Hingga saat ini, keenam orang tersebut masih menjalani isolasi mandiri di Wisma Atlet Kemayoran. Pihak kecamatan saat ini tengah melakukan pelacakan atau "tracing" guna memantau penyebaran COVID-19.

Baca juga: Vaksin "booster" di Jakarta sudah didistribusikan untuk 2.200 orang
Baca juga: Puskesmas di Jakarta mulai buka vaksinasi "booster"
Baca juga: Vaksinasi "booster" bagi usia 18 tahun ke atas di DKI capai 8 juta

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022