Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Daerah Yahukimo memberikan bantuan berupa bahan pangan untuk warga di Distrik Suru-suru yang mengungsi ke Tomor sejak terjadi gangguan keamanan di kawasan itu.

Bupati Yahukimo Didimus Yahuli yang dihubungi dari Jayapura, Jumat mengatakan Tomor sebetulnya masuk dalam wilayah Kabupaten Asmat, namun demi kemanusiaan bantuan tetap diberikan ke lokasi tersebut, karena banyak warga yang mengungsi ke wilayah itu.

Baca juga: Dandim Yahukimo: 5 orang dilaporkan meninggal akibat ditembak OTK

Distrik Suru-suru merupakan daerah yang sebagian wilayahnya masuk di Kabupaten Asmat seperti Tomor dan sebagian lainnya masuk wilayah Kabupaten Yahukimo.

Walaupun demikian, atas nama kemanusiaan pihaknya tidak mempermasalahkan, yang terpenting masyarakat terbantu. Oleh karena itu, bupati berharap masyarakat segera kembali ke kampungnya, sehingga dapat beraktivitas dengan normal.

Warga Distrik Suru-suru mengungsi setelah terjadinya kontak tembak antara aparat keamanan dengan kelompok kriminal bersenjata sejak akhir November 2021.

Tercatat dua prajurit meninggal saat baku tembak dengan KKB, yakni Sertu Ari Baskoro dan Serda Putra Rahaldi serta dua orang terluka, yaitu Komandan Koramil Kapten Inf Arviandi dan Praka Suheri.

Baca juga: Faktor cuaca hambat pencarian heli MI 17

Baca juga: DPR usulkan badan otorita pengelola perbatasan

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022