Yogyakarta (ANTARA News) - Ridha Wirakusumah menegaskan pengunduran dirinya dari jabatan Direktur Utama PT Bank Internasional Indonesia (BII) terhitung efektif mulai 19 Juli 2011.

"Saya menyatakan berhenti menjadi Presiden Direktur BII untuk kembali atau bergabung kembali dengan keluarga di luar negeri," kata Ridha dalam kesempatan BII Journalist Training and Gathering 2011 di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, pengunduran diri dari jabatan direktur utama BII itu juga karena alasan keinginan untuk melanjutkan studi S-3.

Selama 3,5 tahun di BII, kata Ridha, dirinya mendapat dukungan dari berbagai pihak dan menjalin hubungan baik dengan semua pihak.

"Saya titip pesan kepada teman-teman untuk disampaikan kepada para redaktur ekonomi dan perbankan. Terima kasih atas kerjasamanya selama ini," katanya.

Sebelumnya Komisaris Independen BII, Umar Juoro mengungkapkan adanya pengunduran diri Ridha sebagai Dirut BII.

"Dewan Komisaris sudah menyetujui pengunduran dirinya yang diajukan melalui surat yang kami terima pada Jumat 10 Juni 2011," kata Umar Juoro.

Umar mengatakan, Ridha memutuskan untuk mengundurkan diri karena alasan keluarga. Alasan yang diungkapkan dalam surat tersebut adalah Ridha ingin berkumpul dengan keluarganya yang saat ini menetap di Hong Kong.

"Putrinya masih kecil dan sangat membutuhkan kehadiran ayahnya," katanya.

Menurut Umar, kinerja dan pola kepemimpinan Ridha cukup bagus memperbaiki dan meningkatkan bisnis BII.

Ridha Wirakusumah menjabat sebagai Dirut BII sejak Maret 2009. Sebelumnya, Ridha adalah president and chief executive officer di AIG Consumer Finance untuk kawasan Asia Pasifik yang berbasis di Hong Kong.

Ia juga pernah menjabat sebagai chairman of board untuk bank-bank milik AIG di Filipina dan Thailand. (A039/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011