Yogyakarta (ANTARA News) - Kelompok musik dari Yogyakarta Sa'Unine String Orchestra akan melakukan pentas keliling bertajuk "Ngamen Tamasya 2011" di tujuh kota pada 15-24 September 2011.

"Kami akan tampil di Jakarta pada 15 September 2011, Bandung (16/9), Semarang (17-18/9), Salatiga (18/9), Solo (19-20/9), Malang (21-22/9), dan Surabaya (23-24/9)," kata konduktor Sa`unine String Orchestra, Oni Krisnerwinto.

Menurut dia, Sa'Unine akan mengunjungi beberapa kota itu untuk menyajikan lagu Indonesia yang dimainkan dengan "string orchestra". Hal itu merupakan penyajian kekayaan budaya Indonesia dengan cara berbeda.

"Dalam pentas keliling tersebut kami akan mengenalkan beberapa lagu yang ada dalam album pertama Sa`Unine berjudul 'Masa Lalu Selalu Aktual'," katanya.

Beberapa lagu itu di antaranya Di Bawah Sinar Bulan Purnama, Ilir-ilir, Paris Barantai, Padang Bulan, Kambanglah Bungo Parautan, dan Medley Sulawesi yang berisi lagu Anging Mamiri dan O Ina Ni Keke.

Ia mengatakan, dalam pentas keliling itu Sa`Unine String Orchestra sebagai orkes geseknya Indonesia akan menampilkan 45 musisi yang memainkan berbagai alat gesek, seperti violin, viola, cello, contrabass, dan beberapa alat lainnya.

Sa'Unine juga menampilkan solis Silir Pujiwati yang memiliki rekam jejak panjang di bidang musik tradisi karawitan. Lewat vokal dan artikulasi yang jernih, Silir mendendangkan tembang "Ilir-ilir" yang ditulis Sunan Kalijaga.

Sebelum konser keliling di tujuh kota, Sa'Unine String Orchestra "ngamen" di beberapa sudut Kota Yogyakarta, di antaranya simpang empat titik nol kilometer, Taman Parkir Abubakar Ali, dan Bundaran Universitas Gadjah Mada (UGM).
(B015)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011