Ambon (ANTARA News) - Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh akan menghadiri pemilihan Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon yang akan digelar pada 21 Oktober 2011.

Rektor Unpatti Ambon, Prof.DR.Bert Tetelepta, ketika dikonfirmasi ANTARA Jumat mengatakan, Mendiknas telah menyatakan kesiapannya menghadiri pemilihan tersebut ketika dikonformasi.

"Saya yang mengantarkan undangan ke Mendiknas, menindaklanjuti rapat senat Unpatti Ambon pada 10 Oktober 2011 dan dipastikan beliau menghadiri pemilihan Rektor pada 21 Oktober 2011," ujarnya.

Mendiknas dijadwalkan tiba di Ambon pada Jumat (21/10) pagi, selanjutnya menghadiri pemilihan dan kembali ke Jakarta sore hari.

Jadwal awal pemilihan Rektor Unpatti Ambon sebenarnya pada 22 Oktober 2011, tapi berdasarkan koordinasi dengan Mendiknas dimajukan karena beliau dijawdalkan berangkat ke Perancis pada tenggat waktu tersebut.

"Jadi Senat dan Komisi Pemilihan Calon Rektor (KPCR) Unpatti Ambon telah siap menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan memilih tiga kandidat," kata Tetelepta.

Pada kesempatan lain Ketua KPCR Unpatti Ambon, Aholiab Watloly mengatakan, pihaknya dan senat telah memutuskan perubahan perarutan senat No.2 tahun 2011 dengan memperluas kewenangan penyelenggara dari pemilihan hingga pelantikkan Rektor.

Begitu pun menambah angglota senat dua yang baru sehingga saat ini berjumlah 55 orang, menyusul pelantikkan Guru Besar baru dari Fakultas Pertanian.

KPCR juga telah menetapkan nomor urut pemilihan calon Rektor. Nomor urut satu adalah DR.Ir.A.Kastanya,M.S, dua yakni Prof DR Th.Pentury M.A. dan ketiga Prof Dr T.D Pariela,M.Si

Pemilihan calon Rektor Unpatti Ambon pada 10 Agustus 2011 tercatat Kastanya memperoleh 12 suara, Pentury 18 suara dan Pariela 17 suara. Mendiknas pada pemilihan Rektor memperoleh hak suara 35 persen.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011