Padang (ANTARA News) - Warga Kota Padang, Sumatera Barat, merasakan guncangan gempa yang melanda Kabupaten Kepuluan Mentawai, dengan kekuatan 5,4 Skala Richter pada sekitar pukul 10.38 WIB.

Andi, seorang warga Jati mengatakan, ketika gempa yang melanda Kabupaten Kepulauan Mentawai itu terjadi, ia sedang berada dalam rumah.

"Guncangan gempa tersebut tidak terlalu kuat, hanya getaran kecil saja, namun warga sempat berlarian keluar rumah," katanya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa Mentawai berpusat pada 42 Km tenggara Sipora Mentawai atau 45 Km barat laut Pagai Utara, Kepuluan Mentawai, dengan posisi 2,59 Lintang Selatan (LS) - 99.67 Bujur Timur dengan kedalaman 29 km.

Menurut Andi, ketika gempa yang melanda Kabupetan Kepuluan Mentawai tersebut terjadi, warga yang tinggal di rumah bertingkat sempat berlarian keluar rumah.

Sementara itu Koordinator Satkorlak Penanggulangan Bencana Sumatera Barat Ade Edwar mengatakan, gempa yang mengguncang Mentawai tidak berpontensi tsunami.
(ZON)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011