Kairo (ANTARA News) - Hasil jepretan fotografer Lebanon Prof Bassam Lahoud dalam kunjungan dua pekan ke Indonesia pada Agustus, kini dipamerkan di Lebanese American University (LAU) di Beirut.

Pameran foto bertajuk "Indonesia through the eyes of Bassam Lahoud" (Indonesia dari sudut pandang Bassam Lahoud) itu dibuka pada Rabu (24/11) di auditorium Sheikh Zayed-Nahyan, Fakultas Seni dan Arsitektur LAU.

Kegiatan dukungan banyak pihak termasuk KBRI Beirut yang menampilkan 50 buah foto mengenai Indonesia itu akan berlangsung selama sepekan.

Sejumlah undangan termasuk kalangan diplomat asing di Lebanon, pimpinan perkumpulan seni, civitas akademika, dosen dan mahasiswa LAU hadir dalam pembukaan pameran.

Prof Bassam Lahoud menjelaskan, pameran foto ini memiliki dua tujuan utama yaitu penyampaian pesan tentang Indonesia dan apresiasi nilai seni fotografi.

Fotografer profesional itu membagi hasil jepretannya ke dalam lima tema, yaitu terkait arsitektur, "landscape", hewan, lingkungan dan manusia.

"Harapan saya agar para pengunjung dapat mengenal dinamika sosial dan budaya masyarakat Indonesia secara utuh," katanya.

Pengajar seni itu menambahkan, "Dari foto-foto ini saya ingin menyampaikan kesan bahwa Indonesia itu indah, ramah, santun dan majemuk".

Duta Besar RI untuk Lebanon Dimas Samodra Rum mengatakan, pameran foto tentang Indonesia tersebut merupakan salah satu proyek penting dalam meningkatkan pengertian dan interaksi antara masyarakat Indonesia dan Lebanon.

Presiden LAU Dr Joseph Jabbra dalam sambutannya mengatakan, pihaknya senantiasa mendukung beragam kegiatan yang sejalan dengan tujuan untuk mempererat hubungan antara masyarakat dunia dari aneka budaya dan latar belakang berbeda, sesuai dengan misi LAU. (M043/A035)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011