Bandung (ANTARA News) - Sekitar 35 ribu orang dari berbagai wilayah Jawa Barat menghadiri peringatan 10 Muharram di Majelis Habib Alwi Assagaff di Jalan Kembar VI Nomor 8 Mohammad Toha Kota Bandung, Selasa malam.

Turut hadir dalam dalam acara tersebut Direktur Komersial dan Teknologi Perum LKBN ANTARA Rully C. Iswachyudi dan Dewan Pembina Majelis Habib Alwi Assagaff yang juga Ketua DPW PAN Jawa Barat Irjen Pol Purn Edi Darnadi.

Menurut Dewan Pembina Majelis Habib Alwi Assagaff, Edi Darnadi mengatakan peringatan 10 Muharam tahun ini merupakan kesinambungan dari peringatan yang sama seperti tahun sebelumnya.

"Ini peringatan yang sama yang selalu dilaksanakan oleh Majelis Habib Alwi Assagaf setiap tahun, yakni sebagian dari syiar dan dakwah Islam dalam meneruskan keteladan serta akhlak mulia dari Imam Husein A.S. penerus dakwah Nabi Muhammad," kata Edi.

Ia berharap, dengan semangat peringatan 10 Muharam ini umat muslim mampu menerapkan dan menegakkan kebenaran di tengah kehidupan manusia saat ini.

"Penegakan kebenaran itu contohnya ialah bisa dilaksanakan dalam penerapan hukum, masalah sosial serta di aspek lainnya," katanya.

Sementara itu, dalam ceramahnya Habib Alwi Assagaff mengatakan, setiap bulan ataupun hari-hari tertentu yang dimuliakan oleh Alquran pasti memunyai makna sejarah dan nilai filosofis yang sangat berarti bagi umat muslim, demikian halnya dengan Muharram.(U.KR-ASJ/Y003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011