Jambi (ANTARA) - Pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2022, Universitas Jambi (Unja) menerima 3.240 orang calon mahasiswa melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

"Pada jalur SBMPTN tahun ini Unja menerima 3.240 orang mahasiswa," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi Dr Kamid di Jambi, Selasa.

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN gelombang pertama tahun 2022 mulai dilaksanakan pada hari ini, Selasa, sampai dengan Senin (23/5). UTBK SBMPTN tersebut dilaksanakan dalam dua gelombang, dan gelombang kedua akan dilaksanakan dari tanggal 28 Mei sampai dengan 3 Juni 2022.

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2022, kuota penerimaan mahasiswa baru Unja sebanyak 8.000 mahasiswa. Penerimaan mahasiswa baru Unja tersebut dilaksanakan dalam tiga jalur, diantaranya jalur SNMPTN dengan presentasi penerimaan 25 persen dari jumlah kuota.

Baca juga: SBMPTN di Universitas Jambi diikuti 9.937 calon mahasiswa

Baca juga: Akademisi Unja: Semangat Kartini tidak lekang oleh waktu


Kemudian jalur SBMPTN sebesar 45 persen dari jumlah kuota penerimaan dan jalur SMMPTN sebesar 30 persen dari kuota penerimaan mahasiswa baru di Unja.

Pada hari pertama pelaksanaan UTBK SBMPTN, Rektor Unja Prof Sutrisno meninjau secara langsung pelaksanaan UTBK tersebut. Dimana Unja menyediakan 16 ruang kelas untuk pelaksanaan UTBK-SBMPTN tersebut.

Diantaranya 12 ruang kelas di Kampus Unja Mendalo, tiga ruang kelas di Kampus Unja Telanai dan satu ruang kelas di Kampus Unja Buluran.

"Ada sebagian calon mahasiswa yang tidak hadir, tapi kita berharap calon mahasiswa yang tidak hadir tersebut sudah diterima di jalur penerimaan mahasiswa baru yang lain," kata Dr Kamid.*

Baca juga: Universitas Jambi menerima 1.806 mahasiswa melalui jalur SNMPTN

Baca juga: Prodi Ilmu Ekonomi Pembangunan Unja bidik akreditasi internasional

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022