Magelang (ANTARA) - Sebanyak 8.402 calon mahasiswa baru mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dalam rangka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2022 di Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah.

"Penyelenggaraan UTBK dalam seleksi calon mahasiswa baru perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia dilakukan secara serentak dan Untidar mendapatkan tugas menyelenggarakan UTBK ini," kata Rektor Untidar Prof. Dr. Ir. Mukh Arifin, M.Sc. di Magelang, Selasa.

Ia menyampaikan bahwa peserta UTBK di Untidar tahun ini turun dibanding tahun 2021 sebanyak 8.900 orang.

Baca juga: Jumlah peserta UTBK UNS 2022 meningkat

UTBK diselenggarakan dalam dua gelombang, pertama pada 17-25 Mei 2022, kemudian gelombang kedua pada 28 Mei-3 Juni 2022.

Menurut dia, setelah UTBK, Untidar masih menyelenggarakan seleksi lagi, yaitu seleksi mandiri yang diselenggarakan dengan tes berbasis android.

"Dari tahun ke tahun kami naikkan jumlah mahasiswanya dan sarana prasarananya ditambah, mudah-mudahan tahun 2023 kampus baru Untidar di Sidotopo bisa ditempati untuk kuliah mahasiswa Fakultas Pertanian dan Fisipol.

Wakil Rektor Bidang Akademik Untidar Dr. Ir. Noor Farid, M.Si. menyampaikan bahwa lokasi pelaksanaan UTBK, selain di Kampus Untidar juga di sejumlah sekolah di Kota Magelang dan Kabupaten Magelang.

Baca juga: SBMPTN 2022 di Unsoed, lima peserta disabilitas ikuti UTBK

Ia menyebutkan di Untidar terdapat sembilan ruang, kemudian SMAN 4 Kota Magelang tiga ruang, SMKN 1 Kota Magelang tiga ruang, SMKN 2 Kota Magelang empat ruang, SMAN 5 Kota Magelang empat ruang, SMAN 2 Kota Magelang tiga ruang, SMK Ma'arif Mungkid empat ruang, dan SMAN 1 Mungkid dua ruang.

Farid menyebutkan daya tampung Untidar tahun 2022 sebanyak 3.275 mahasiswa, terdiri atas penerimaan melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 602 mahasiswa, jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 1.505 mahasiswa, dan jalur seleksi mandiri 1.168 mahasiswa.

Ia menyampaikan dari jalur SNMPTN yang diterima Untidar sebanyak 602 calon mahasiswa yang melakukan finalisasi sampai registrasi hanya 558 calon mahasiswa.

Baca juga: 13.826 peserta ikuti UTBK SBMPTN 2022 di Universitas Jember

"Jadi ada 44 calon mahasiswa yang sudah diterima tetapi tidak melakukan registrasi, jadi daya tampung di SBMPTN ditambah 44 orang menjadi 1.549 orang, kalau nanti jalur SBMPTN registrasi tidak sampai angka tersebut, maka sisa kuota masuk ke jalur mandiri," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022