Peninjauan ini dimaksudkan untuk melihat langsung implementasi persiapan oleh Unhas
Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat pada pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2022 sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19.

Penerapan prokes pencegahan COVID-19 secara ketat, baik kepada peserta, pengawas, maupun panitia seperti menjaga jarak, menggunakan masker hingga mengukur suhu tubuh sebelum masuk ruang ujian.

Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc saat meninjau pelaksanaan UTBK di Makassar, Selasa, mengatakan pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun ini tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya.

Baca juga: 140 peserta tidak hadir UTBK hari pertama di Unhas

“Peninjauan ini dimaksudkan untuk melihat langsung implementasi persiapan oleh Unhas. Kita ingin memastikan seluruh rangkaian atau tahapan berlangsung lancar," katanya

"Unsur kepanitiaan melaksanakan tugas dan fungsinya, terutama memastikan proses UTBK-SBMPTN berjalan tanpa kendala, tidak ada kecurangan, dan seluruh pihak yang terlibat mengetahui peran dan tanggung jawabnya,” sambung Jamaluddiin.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun 2022 berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia mulai Selasa ini. Pelaksanaan gelombang pertama akan berlangsung hingga 23 Mei 2022.

Baca juga: BPS dan Unhas perkuat kolaborasi pengembangan SDM

Unhas sebagai salah satu Pusat UTBK yang ditunjuk oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengelola ujian bagi 24.765 peserta dengan memanfaatkan 985 komputer.

Ujian berlangsung di Kampus Tamalanrea (sebanyak 780 komputer pada 5 lokasi) dan Kampus Gowa (sebanyak 205 komputer pada 5 lokasi). Panitia UTBK Unhas telah menyiapkan 37 ruang ujian.

Pada hari pertama, tercatat 1.970 peserta seharusnya mengikuti ujian. Sebanyak 140 peserta tidak hadir di Pusat UTBK Universitas Hasanuddin.

Baca juga: Unhas-Pemprov Kaltara kerja sama kembangkan tri darma perguruan tinggi

Baca juga: Kementan dukung Unhas jadi pusat pengembangan sagu

Baca juga: Unhas antisipasi kendala jaringan internet saat UTBK-SBMPTN


 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022