Akibat adanya daerah tekanan rendah disekitar Laut Banda dan pumpunan angin yang memanjang dari Laut Jawa hingga Laut Banda menyebabkan wilayah yang berpotensi tumbuh awan-awan hujan di hampir sebagian besar wilayah Indonesia.
Jakarta (Antara News) - Prospek cuaca tiga harian untuk wilayah Indonesia sampai dengan hari Senin (9/1) yang  dirilis BMKG menyebutkan, akibat adanya daerah tekanan rendah disekitar Laut Banda dan pumpunan angin yang memanjang dari Laut Jawa hingga Laut Banda menyebabkan wilayah yang berpotensi tumbuh awan-awan hujan di hampir sebagian besar wilayah Indonesia.

Demikian rilis Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) seperti dipantau Antara News, di Jakarta, Minggu.

Kawasan yang berpengaruh untuk berpotensi hujan lebat adalah wilayah Sumatera Barat bagian Selatan, Sumatera Utara bagian Utara, Jambi bagian Timur dan Selatan, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat bagian Selatan dan Barat, Papua Barat bagian Selatan, dan Papua bagian Utara.

Sedangkan kawasan berpengaruh untuk berpotensi hujan lebat disertai kilat petir dan angin kencang adalah sebagian besar Pulau Jawa, Bali, NTB bagian Barat dan Selatan, NTT, Kalimantan Tengah bagian Tengah dan Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur bagian Timur dan Selatan, Sulawesi Tengah bagian Timur dan Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat bagian Selatan, dan Maluku Tenggara.

Berdasarkan prakiraan tiga harian yang dirilis BMKG, kemungkinan terjadinya angin puting beliung, pohon tumbang, dan hujan lebat disertai angin di wilayah Pulau Jawa. Bagi pengendara kendaraan bermotor untuk berhati-hati terhadap pohon-pohon yang kemungkinan tumbang ke jalan.

Pewarta: Ella Syafputri
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012