Saya berharap agar program yang sudah kami rencanakan ke depannya melalui "Sejuta Tangan untuk Indonesia" dapat terealisasi dengan baik dan dapat menciptakan iklim pendidikan yang semakin inklusif
Depok (ANTARA) - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Administrasi Perpajakan, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), Andika Pratama dinobatkan menjadi Wakil I Abang Jakarta Pusat 2022.

"Keberhasilan meraih prestasi tersebut menjadi suatu kebanggaan bagi saya. Saya berharap agar program yang sudah kami rencanakan ke depannya melalui ‘Sejuta Tangan untuk Indonesia’ dapat terealisasi dengan baik dan dapat menciptakan iklim pendidikan yang semakin inklusif," kata Andika di kampus Vokasi UI Depok, Jawa Barat, Selasa.

Menurut dia beberapa program tersebut antara lain peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Jakarta, khususnya anak-anak, promosi pariwisata yang lebih masif, serta program lainnya.

Dalam rangkaian seleksi, Andika memaparkan organisasi yang ia gagas dengan nama "Sejuta Tangan untuk Indonesia".

Organisasi tersebut bergerak di bidang penyediaan fasilitas pendidikan bagi anak kurang mampu, anak putus sekolah, dan pemberantasan buta aksara, melalui berbagai program, di antaranya Program "Sejuta Mimpi dan Sejuta Buku".

Baca juga: Mahasiswa vokasi UI juara lomba podcast nasional

Baca juga: Mahasiswa Vokasi UI raih medali emas dan perak sepatu roda PON Papua



Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepedulian generasi muda Jakarta agar dapat berkontribusi bagi lingkungan sekitar.

Menurut Andika Pratama ajang Abang None merupakan platform terbaik yang tidak hanya menjadi wadah inspiratif bagi generasi muda, melainkan juga sumber aspirasi dan perpanjangan tangan antara masyarakat dan pemerintah.

Sementara itu Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono mengatakan pihaknya sangat mendukung berbagai kegiatan maupun kompetisi yang diikuti oleh para mahasiswa.

Kegiatan pemilihan Abang None tersebut, kata dia, menjadi suatu ajang peningkatan kualitas diri mahasiswa untuk melatih kemampuan di bidang non akademik. Saya berharap agar Andika dapat menjalankan perannya sebagai Abang Jakarta Pusat 2022 dengan amanah dan berdaya bagi masyarakat.

Pemilihan Abang None Jakarta Pusat 2022 telah dilaksanakan sekitar satu bulan melalui serangkaian pelatihan, seleksi ketat, dan karantina.

"Kegiatan tersebut menjadi wadah pembelajaran untuk melatih kemampuan dan kreativitas yang tidak pernah saya pelajari sebelumnya," demikian Andika Pratama.

Baca juga: Mahasiswa vokasi UI raih juara 2 kompetisi pariwisata Indonesia

Baca juga: Mahasiswa vokasi UI raih prestasi di bidang karate

Baca juga: Vokasi UI unggul di kompetisi cerdas-cermat tingkat nasional

Baca juga: Gagas pengurangan limbah plastik, Mahasiswa UI juara EBEC festival

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022