Jakarta (ANTARA) - Sekolah Kajian Strategik dan Global Universitas Indonesia (UI) menyelenggarakan kompetisi video terkait inovasi 2022 yang diperuntukkan bagi mahasiswa S1, S2, S3, dan juga masyarakat umum.

“Ini merupakan kompetisi video selama tiga menit atau Three-Minute Telling Innovation Competition (TMTiC) 2022,” ujar Penanggung Jawab Kegiatan dan Ketua Panitia Tingkat Nasional, Dr Polit SC Henny Saptatia DN di Jakarta, Kamis.

Kompetisi video tersebut mengangkat tema “Inovasi dan Daya Cipta untuk Indonesia Emas 2045 : 100 Tahun Kemerdekaan. Lomba tersebut diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022. Kompetisi itu memperebutkan pemenang satu, dua dan tiga untuk masing-masing kategori. Kompetisi dilakukan tanpa pembatasan usia.

Video inovasi yang dikirimkan memiliki durasi tiga hingga lima menit. Video diunggah dalam Google Drive yang telah dibuat oleh peserta. Tautan tersebut dikirimkan ke email tmtic.sksg-ui.2022@ui.ac.id.

Baca juga: UI serahkan buku 'Policy Brief' dukung Presidensi G20

Baca juga: UI: RI perlu pastikan tiga kesiapan untuk terima investasi global


Selain juga dilampirkan data diri, kategorisasi kepesertaan, nomor kontak, bidang inovasi, jenis inovasi, manfaat inovasi, dan pernyataan keaslian karya. Pengiriman dilakukan mulai 28 September hingga 15 Oktober 2022.

Pengumuman tentang hasil seleksi tahap pertama pada 15 Oktober 2022. Pengumuman peserta untuk mengikuti semi final pada 20 Oktober 2022. Semi finalis datang untuk workshop presentasi di SKSG UI pada 25 Oktober 2022. Final dilakukan pada 28 Oktober 2022.

Untuk pemenang pertama kategori mahasiswa S1 dan S2, akan mendapatkan beasiswa penuh biaya kuliah baik S2 dan S3 selama tiga atau lima semester di SKSG UI. Piagam dan pin emas sebagai inovator, bantuan pendaftaran HAKI untuk karya inovasi oleh UI dan hadiah hiburan berupa laptop.

Sementara pemenang kedua akan mendapatkan beasiswa 50 persen biaya kuliah S2 atau S3 selama lima semester di SKSG UI. Piagam dan pin emas sebagai inovator, bantuan pendaftaran HAKI untuk karya inovasi oleh UI dan hadiah hiburan berupa laptop.

Untuk hadiah tiga kategori mahasiswa S1 dan S2 akan mendapatkan beasiswa 50 persen biaya kuliah selama tiga semester atau lima semester di SKSG UI. Piagam dan pin emas sebagai inovator, bantuan pendaftaran HAKI untuk karya inovasi oleh UI dan hadiah hiburan berupa laptop.

Untuk pemenang satu, dua dan tiga untuk kategori S3 dan peserta umum akan mendapatkan bantuan biaya dan proses penerbitan buku tentang proses dan hasil inovasinya serta kebermanfaatannya. Buku yang diterbitkan ber-ISBN dan pendaftaran karya HAKI mendapatkan bantuan oleh UI.

Berikutnya piagam dan pin emas atau pin perak. Bantuan dana pengembangan inovasi selanjutnya sebesar Rp25 juta atau Rp20 juta atau Rp15 juta.*

Baca juga: Rendahnya keterwakilan perempuan di Bawaslu kemunduran demokrasi

Baca juga: UI serahkan "Policy Brief" dan bus listrik guna dukung Presidensi G20

Pewarta: Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022