AsiaNet 50694

AdaptiveMobile memerangi ancaman melalui ponsel di seluruh pembawanya untuk melindungi pelanggan operator seluler dan menjaga kepercayaan jaringan


     SINGAPURA, 18 September 2012 (ANTARA/Bernama-AsiaNet) -- AdaptiveMobile, pemimpin dunia dalam keamanan ponsel, hari ini mengungkapkan kenaikan tajam dalam lingkup dan kompleksitas ancaman melalui ponsel di wilayah Asia Tenggara. Setelah India baru-baru ini dilaporkan menerima 8% dari seluruh malware dan adware(1) global - yang tertinggi di seluruh dunia - dan China dan Malaysia juga di peringkat sepuluh teratas di kawasan ini, jelas memerlukan tindakan. Dengan basis pelanggan yang berkembang pesat, operator di wilayah ini mengakui perlunya menjaga keamanan pelanggan dan melestarikan kepercayaan dalam layanan ponsel baru maupun yang sudah ada.

     "Langganan selular telah bertambah empat kali lipat dalam dekade terakhir di Asia Tenggara(2) dan operator sudah mulai berpikir tentang bagaimana cara menjaga agar basis pengguna mereka aman. Peretas (hacker) akan mengikuti peluang ini, sehingga dengan semakin banyak pelanggan kian banyak pula ancaman," kata John White, Wakil Presiden bidang Penjualan AdaptiveMobile di Asia Pasifik. "Terdapat sejumlah serangan malware yang sangat berkembang, seperti virus SNSZombie baru-baru ini di China, yang telah merusak setengah juta ponsel dan dapat mencuri nomor kartu kredit bank. Pencurian melalui ponsel, pocket-bot dan serangan browser ponsel hanya merupakan beberapa jenis serangan baru yang kami lihat di lingkungan broadband ponsel - ini bukanlah sesuatu yang dapat operator abaikan."

     Penjahat cyber profesional kini menargetkan wilayah Asia Tenggara yang berarti bahwa serangannya kompleks dan direncanakan, dan banyak operator seluler telah mengambil berbagai langkah untuk melindungi terhadap serangan ini. Sebagai contoh, Kaspersky melaporkan tidak kurang dari lima Trojan baru tengah dirilis di Indonesia, kesemuanya mentransfer sejumlah uang di bawah satu dolar tanpa persetujuan pengguna(3). Meskipun jumlahnya kecil, ini juga berarti bahwa pengguna tidak mungkin mengambil uang tersebut. Dengan laporan dari Norton memperkirakan bahwa jumlah total yang hilang oleh penduduk Singapura dalam dua belas bulan terakhir adalah sebanyak $944m, operator yang tidak melindungi terhadap serangan dapat menghadapi banyak pelanggan yang risau karena menjadi korban. Ini secara bertahap dapat mengikis kepercayaan pada jaringan dan mempengaruhi penyerapan layanan baru.

     "Penting untuk memiliki platform perlindungan yang memerangi malware ponsel di sumbernya dan di semua pembawa," lanjut White. "Berbagai serangan terbaru telah menunjukkan pentingnya pendekatan ini dan sementara pencurian dan spam mungkin tampak mengganggu pada awalnya, jenis masalah ini dapat berdampak besar pada rencana bisnis jangka panjang operator."

     Network Protection Platform (NPP) AdaptiveMobile melindungi pelanggan Asia di Singapura, Malaysia, India dan Vietnam dan mengembangkan operasinya guna mendukung operator dalam upaya memerangi ancaman melalui ponsel.

     Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ancaman melalui ponsel di kawasan Asia atau berbicara dengan tim AdaptiveMobile tentang cara melindungi pelanggan, kunjungi mereka di LTE Asia saat sarapan AdaptiveMobile pada hari Rabu 19 September mulai pukul 08.00 hingga 09.00. Simeon Coney, Wakil Presiden bidang Pengembangan Bisnis AdaptiveMobile akan berbicara pada hari Rabu 19 September pukul 12.50 tentang pertimbangan keamanan dan kekhawatiran soal Jaringan dan Perangkat LTE.

     Untuk menghubungi atau merencanakan rapat, silakan mendaftar di meetings@adaptivemobile.com.

     (1) www.hotforsecurity.com/blog/android-mobile-malware-report-july-2012-3066.html
     (2) www.wolframalpha.com/input/?i=cellular+subscription+south+east+asia
     (3) www.securelist.com/en/blog?print_mode=1&weblogid=208187621

     Tentang AdaptiveMobile
     AdaptiveMobile adalah pemimpin dunia dalam keamanan ponsel, yang memungkinkan jaringan yang terpercaya untuk kelompok operator terbesar di dunia dan melindungi satu dari enam pelanggan di seluruh dunia. AdaptiveMobile memberi operator solusi keamanan berbasis jaringan paling komprehensif yang memungkinkan mereka melindungi konsumen dan pelanggan perusahaan terhadap ancaman penyalahgunaan ponsel yang kian meningkat. www.adaptivemobile.com

     UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT SILAKAN HUBUNGI:
     Priority Consultants
     NAMA: Bryan Joseph
     TEL: +65 6338 1006
     E-MAIL: Bryan.joseph@priorityconsultants.com

     SUMBER: AdaptiveMobile

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2012