Jakarta (ANTARA) - Ragam topik terpopuler mewarnai pemberitaan rubrik humaniora dan warta bumi Antaranews.com sepanjang Kamis kemarin (2/1/2023).

Tulisan tentang keadilan yang berpihak untuk korban kekerasan seksual telah memberikan efek jera kepada pelaku kekerasan seksual menjadi berita terpopuler.

Selain itu, alokasi dana desa Rp5,8 triliun yang diberikan pemerintah pusat selama tujuh tahun terakhir untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) juga menarik perhatian pembaca.

Berikut ulasan berita-berita terpopuler selengkapnya:


Menteri PPPA apresiasi aparat beri keadilan korban kekerasan seksual

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengapresiasi praktik baik dilakukan aparat penegak hukum dalam memberikan keadilan bagi korban kekerasan seksual karena memberi efek jera bagi pelaku.

Ia berharap komitmen aparat penegak hukum dalam memberikan efek jera kepada pelaku dan keadilan untuk korban merupakan "angin segar" dalam upaya pencegahan dan penanganan kasus kekerasan seksual yang lebih baik pada masa mendatang.

Baca ulasannya di sini.


Klaster KBG lindungi perempuan di situasi darurat

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) menempatkan klaster perlindungan hak perempuan dan anak dari kekerasan berbasis gender (KBG) dalam situasi darurat untuk melindungi perempuan dan anak dari kekerasan.

Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kemen PPPA Ratna Susianawati mengatakan klaster kekerasan berbasis gender untuk memastikan tidak terjadi kasus-kasus kekerasan dalam situasi darurat, seperti bencana.

Baca ulasannya di sini.


Pengumuman hasil seleksi PPPK Guru 2022 ditunda

Pengumuman hasil seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru Tahun 2022 yang semula dijadwalkan pada Kamis (2/2), ternyata ditunda.

Melalui akun Twitter @BKNgoid, Badan Kepegawaian Negara mengonfirmasi bahwa pengumuman itu ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Baca ulasannya di sini.


Alokasi Rp5,8 triliun dana desa telah diberikan untuk BUMDes

Sepanjang tahun 2015 sampai 2022; Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) telah mengalokasikan dana desa sebesar Rp5,8 triliun untuk modal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan sebanyak Rp1,8 triliun pendapatan asli desa bersumber dari pembagian hasil keuntungan BUMDes di 60.417 desa.

Baca ulasannya di sini.


Puluhan rumah rusak akibat gempa bumi di Garut

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyatakan gempa aktivitas Sesar Garsela menyebabkan kerusakan puluhan rumah warga di Kecamatan Pasirwangi dan Samarang, sedangkan korban jiwa tidak ada.

Baca ulasannya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023