... teknologi itu mempunyai prospek yang bagus dan sudah dikembangkan sehingga menjadi lebih bervisi dari segi skala ekonomi... "
Tanah Lot, Bali (ANTARA News) - PT Tirta Investama (Danone Group) yang merupakan produsen minuman kemasan Aqua berencana menerapkan teknologi kemasan air minum terbaru. Material itu daur ulang kemasan jenis Recycle Poly Ethyl Therephatalate (PET) guna menekan penggunaan bahan baku olahan dari turunan minyak mentah.

"Kami sebenarnya telah siapkan teknologi kemasan Aqua dengan bahan daur ulang, tetapi tergantung dari kebijakan pemerintah, respon masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya yang memberikan persetujuan," kata Direktur Pembangunan Berkelanjutan PT Tirta Investama, Sonny Sukada, di sela-sela kegiatan penanaman pohon di sekitar kawasan Tanah Lot, Sabtu.

Dia menjelaskan, kemasan Aqua masih menggunakan bahan baku turunan minyak mentah atau "Virgin PET", yang kemungkinan terus berkurang dan terbatas jumlahnya. Selain itu, dari sisi harga tidaklah tidak efisien memanfaatkannya.

Sedangkan jika menggunakan bahan baku kemasan daur ulang mampu menghemat biaya, sebab selama ini kemasan berbahan turunan minyak mentah itu didatangkan dari luar negeri.

Menurut dia, walaupun bahan baku tersebut lebih menguntungkan namun diperlukan survei yang mengakomodir respon masyarakat mengingat persepsi barang daur ulang yang dianggap kotor dan tidak layak untuk digunakan kembali.

"Padahal teknologi itu mempunyai prospek yang bagus dan sudah dikembangkan sehingga menjadi lebih bervisi dari segi skala ekonomi. Selain itu sama igienisnya dengan kemasan yang berasal dari bahan Virgin PET. (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012