Granat itu ditemukan saat bersangkutan turun ke air laut mengambil timah kailnya yang tersangkut di atas karang di pantai Ujung Karang,"
Banda Aceh (ANTARA News) - Seorang nelayan Roza Saputra menemukan granat aktif di Pantai Merah Putih Desa Ujong Karang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

Kapolres Aceh Barat AKBP Faisal Rivai di Meulaboh, Selasa mengatakan, penemuan pada pukul 10.00 WIB tersebut tidak disengaja karena kejadiannya ketika Roza turun ke air mengambil timahnya yang tersangkut di karang.

"Granat itu ditemukan saat bersangkutan turun ke air laut mengambil timah kailnya yang tersangkut di atas karang di pantai Ujung Karang," katanya.

Melalui Kapolsek Johan Pahlawan Iptu Mukhtari menjelaskan, granat jenis nenas tersebut masih aktif dan sudah diserahkan kepada Kompi-C Brimobda Aceh di Kabupaten Nagan Raya.

Dari hasil pemeriksaan Brimobda kata dia, granat tersebut masih utuh dengan pemicunya dan diduga granat itu merupakan sisa gulungan tsunami milik markas Komando Resort Militer (Korem) 012 Teuku Umar.

"Kawasan itu memang bekas markas Korem 012 Teuku Umar sebelum tsunami Aceh 2004, mungkin saja granat itu sisa gulungan tsunami," katanya menambahkan.
(KR-IRW/H011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013