Kita minta kepala sekolah harus merealisasikan dana bantuan operasional sekolah dengan sebaik baiknya sesuai aturan berlaku, tanpa ada permainan."
Painan, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, meminta kepala sekolah untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik agar kualitas pendidikan di daerah tersebut dapat ditingkatkan.

"Kepala sekolah agar bekerja dengan baik dan dapat melakukan pembinaan terhadap guru pada sekolah masing-masing. Karena tanpa itu hasil yang baik untuk mencapai pendidikan berkualitas tidak akan terwujud," kata Kepala Dinas Pendidikan Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar di Painan, Kamis.

Pihaknya terus melakukan pembinaan serta mengevaluasi kinerja kepala sekolah. Evaluasi dilakukan setidaknya enam bulan sekali. Jika hasil evaluasi menunjukkan kinerja kepala sekolah tidak bagus, maka ke depan akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk selanjutnya.

Upaya meningkatkan kualitas pendidikan di masing-masing sekolah harus dimulai dengan kinerja kepala sekolah yang baik. Ke depan, pembangunan pendidikan kabupaten itu lebih difokuskan pada kualitas.

Terkait dengan dana bantuan operasional sekolah, kepala sekolah sebagai pengelola di masing-masing sekolah penerima, harus merealisasikan sesuai aturan yang berlaku dan jangan ada penyalahgunaan.

Kalau itu terjadi, maka yang bersangkutan akan berhadapan dengan hukum. Pengawasan penggunaan bantuan operasional sekolah terus dilakukan secara ketat sehingga tidak terjadi penyimpangan.

"Kita minta kepala sekolah harus merealisasikan dana bantuan operasional sekolah dengan sebaik baiknya sesuai aturan berlaku, tanpa ada permainan. Jika ditemukan ada permasalahan tentang realisasi bantuan operasional sekolah maka kepala sekolah tersebut akan berhadapan dengan penegak hukum," ujar dia.

Sedangkan dari kedinasan, bagi kepala sekolah yang terbukti melakukan penyalahgunaan atau penyaluran dana bantuan operasional sekolah tersebut tidak sesuai dengan aturan maka kepala sekolah yang bersangkutan akan dilakukan pemecatan dari jabatannya.

Pembangunan pendidikan ke depan semakin berat dan kompleks, terutama menyiapkan sarana dan prasarana pendidikan, gaji dan tunjangan guru serta aparatur pendidikan.

Menurut dia, peningkatan kualitas pendidikan menjadi salah satu indikator untuk keluar dari kategori daerah tertinggal yang direncanakan tuntas tahun 2014. Hal itu hendaknya menjadi perhatian serius dari jajaran dinas pendidikan di kabupaten itu, elemen masyarakat dan pemangku kepentingasn lainnya.

Upaya memajukan dunia pendidikan bukan hanya menjadi tanggunga jawab pemerintah, tetapi merupakan tanggung jawab bersama, termasuk masyarakat, katanya. (KR-AGP/Z002)

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013