... sepenuhnya tidak dapat diterima... "
Milan (ANTARA News) - AS Roma dijatuhi hukuman denda sebesar 50.000 euro (64.085 dolar Amerika Serikat) karena sikap rasis yang ditunjukkan pendukungnya pada laga Seri A, di AC Milan, Minggu, sehingga wasit menghentikan pertandingan beberapa saat pada awal babak kedua.

Tribunal Sport Seri A mengatakan, pendukung Roma sudah beberapa kali mengeluarkan teriakan dan sikap diskriminatif terhadap tiga pemain lawan tim mereka.

Pertandingan dihentikan dua menit dan peringatan dikumandangkan untuk menenangkan publik.

Tribunal Seri A tidak mengungkapkan siapa tiga pemain yang menjadi korban pelecehan itu, tetapi pelatih Milan, Massimiliano Allegri, mengatakan, striker Italia, Mario Balotelli, salah satu di antara mereka.

Milan menurunkan lima pemain kulit hitam dalam pertandingan itu, kendati Sulley Muntari dikeluarkan dari lapangan sebelum pertandingan berlangsung setengah main.

Roma mengeluarkan pernyataan mengecam sikap para penonton itu.

"AS Roma mengecam semua perkataan dan sikap yang melecehkan pemain secara rasial," kata klub, "Sikap seperti itu pada penonton mana pun, termasuk pendukung kami, sepenuhnya tidak dapat diterima."

"Kami komit memerangi semua sikap seperti itu dan berusaha menghilangkan masalah itu dari semua olarhaga dan mempromosikan rasa hormat kepada siapa pun," kata klub.

Sepp Blatter, pemimpin puncak FIFA, mengatakan melalui Twitter ia amat menyayangkan insiden itu.

"Mengatasi masalah ini merupakan isu kompleks tetapi kami komit akan terus beraksi, tidak hanya mengeluarkan kata-kata," katanya.

Ketua Eksekutif Milan, Adriano Galliani, mengatakan, "Sikap seperti ini harus dihentikan. Ini merupakan masalah yang memalukan."

"Kekerasan dalam stadion sudah secara drastis dikurangi dan saya berharap kita melakukan hal sama terhadap sikap rasial penonton terhadap para pemain minoritas. Kita harus mengakhiri masalah ini sekarang juga," katanya.

(A008/A020)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013