... sudah ada donatur yang bayar zakat melalui BB senilai Rp400 juta dari Rp 172 miliar yang diterima Rumah Zakat dalam setahun... "
Jakarta (ANTARA News) - BlackBerry Indonesia meluncurkan aplikasi bayar zakat melalui yayasan Rumah Zakat sehingga pengguna dapat melakukan pembayaran zakatnya via telepon genggam pintar (smart phone).

"Ini mungkin merupakan aplikasi zakat (charity) yang pertama kali di dunia dalam BB World. Pengguna dapat melakukan pembayaran tiga sumbangan keagamaan yakni zakat, Infaq, dan Sadaqah via BB," kata Managing Director BB Indonesia, Maspiyono Handoyo, di Jakarta, Jumat malam.

Aplikasi rumah zakat dapat diunduh di BlackBerry World secara gratis untuk semua BB Operating System (OS),

termasuk BB 10. Aplikasi tersebut dibuat oleh pengembang piranti lunak (software) Indonesia yakni PT Dihital Jaya

Solusi, kata Handoyo, yang didampingi Kepala Divisi Manajemen Distribusi Rumah Zakat, Cholidin, dan Ibnu Maksum, pengembang software Rumah Zakat di BB.

Cholidin mengatakan, aplikasi Rumah Zakat akan mempermudah pengguna untuk menghitung zakat bulanan dan memberikan informasi lengkap untuk aktivitas, projek, dan berita dari rumah zakat.

Fitur-fitur di Rumah Zakat meliputi antarmuka yang mudah untuk mendukung pengguna melakukan transaksi, kalkulator zakat untuk membantu para pengguna menentukan jumlah dana yang akan disumbangkan.

Juga berita-berita terbaru mengenai kegiatan Rumah Zakat, Superqurban untuk membeli hewan ternak untuk kurban saat idul Adha, dan Infaq Card mendukung pengguna terdaftar untuk melakukan donasi mereka selama 100 tahun setelah mereka meninggal dunia, jelas Cholidin.

Tapi untuk pembayarannya, pengguna masih harus melakukan transfer via ATM Bank. Namun ke depan, akan dikembangkan sistem pembayaran melalui transaksi online atau dengan manfaatkan BB Money, tambah Ibnu Maksum, sang pengembang software itu.

"Dengan aplikasi di BB ini, kami ingin membayar zakat menjadi gaya hidup yang memberikan ketenangan dan kesenangan hidup di dunia. Seperti orang mengunakan BB atau gadget lainnya. Bayar zakat dibuat mudah, bayar zakat merupakan gaya hidup, dan bayar zakat gua banget gitu loh," kata Cholidin.

Handoyo menambahkan, dengan aplikasi ini, pengguna BB bukan hanya mendapatkan manfaat kemudahan dalam menjalankan roda bisnis dan organisasi, tapi juga kemudahan membayar zakat dan "tiket masuk surga".

Menurut Cholidin, sudah ada donatur yang bayar zakat melalui BB senilai Rp400 juta dari Rp 172 miliar yang diterima Rumah Zakat dalam setahun.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013