Calon haji yang batal masuk daftar pemberangkatan tahun ini akan diprioritaskan diberangkatkan tahun depan
Sampit, Kalteng (ANTARA News) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, siap memberangkatkan sebanyak 141 orang asal daerah setempat ke Tanah Suci Mekkah pada musim haji tahun 2013.

Setelah pemotongan kuota 20 persen dari Pemerintah Arab Saudi, kuota yang didapat Kotawaringin Timur tercatat sebanyak 141 orang, kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Timur HM Ilmi Hafif di Sampit, Selasa.

"Jadi ada 16 calon haji yang sudah melunasi biaya haji namun harus ditunda keberangkatannya hingga tahun depan," katanya.

Ilmi meminta calon haji yang belum masuk dalam daftar pemberangkatan tahun ini agar bersabar karena kuota yang diberikan pemerintah memang terbatas.

"Calon haji yang batal masuk daftar pemberangkatan tahun ini akan diprioritaskan diberangkatkan tahun depan," jelasnya.

Saat ini, para calon haji asal Kotawaringin Timur sedang mengikuti tahapan manasik haji yang dimulai pada 19 hingga 23 Agustus ini. Manasik dilaksanakan di Masjid Al Falah di Jalan Achmad Yani Sampit dan diikuti oleh seluruh calon haji.

Manasik haji dilakukan secara massal, sedangkan hari ini manasik dibagi per kelompok. Pada Rabu (21/8), rangkaian manasik akan diisi dengan pemeriksaan kesehatan para calon haji oleh petugas kesehatan haji, ujarnya.

"Setelah ini selesai, para calon haji tinggal persiapan untuk keberangkatan saja. Paspor sudah selesai semua dan alhamdulillah tidak ada permasalahan," sambung Ilmi.

Musim haji tahun ini dijadwalkan akan dimulai pada 9 September hingga 19 November sampai jemaah haji tiba kembali di Tanah Air. Saat ini berbagai persiapan administrasi sedang dilakukan.

"Kami mengimbau kepada para calon haji untuk menyiapkan kondisi fisik dan mental. Jaga kesehatan agar saat menjalankan ibadah haji, tidak ada yang sampai sakit sehingga bisa menjalankan semua rukun haji dengan baik dan lancar," harap Ilmi.

Selama ini, jamaah calon haji asal Kotim akan bergabung dengan jamaah asal daerah lainnya yang diberangkatkan melalui Embarkasi Syamsudin Noor Kalimantan Selatan. Namun jika proses administrasi penetapan Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya sebagai embarkasi antara, maka para calon haji asal Kalteng akan diberangkatkan melalui bandara ini. 

Pewarta: Norjani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013