Kendari (ANTARA News) - Provinsi Papua berupaya membenahi sarana bandara-bandara di wilayah itu sebagai upaya meyakinkan daerah-daerah di Indonesia untuk mendukung Bumi Cenderawasih sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020.

Ketua tim pemenangan PON XX Papua Yusuf Yambe Yabdi di Kendari, Sabtu, mengatakan Papua memiliki satu bandara kualifikasi internasional, empat bandara taraf nasional dan 44 bandara skala kecil.

"Sarana transportasi yang memadai salah satu kunci sukses penyelenggaraan event taraf nasional setingkat PON sehingga Papua memberi perhatian khusus," kata Yusuf.

Papua memahami adanya keraguan dari segi transportasi antarlokasi pertandingan cabang olahraga karena sarana transportasi utama hanyalah pesawat udara.

"Pemerintah dan rakyat Papua bertekad menjawab segala keraguan daerah-daerah di Indonesia demi kepercayaan menjadi tuan rumah PON XX," katanya.

Yusuf menambahkan pemerintah dan seluruh rakyat Papua memandang PON adalah wahana pemersatu bangsa.

"Papua adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Papua dan seluruh daerah kawasan timur Indonesia harus kuat dalam membangun jati diri dan karakter bangsa," tambahnya.

Ketua Komisi E DPRP Papua Kenius Kogoya mengatakan Papua aman sebagai penyelenggara PON XX Tahun 2020.


Pewarta: Sarjono
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013