Tanpa jalan tol kawasan Danau Toba akan sulit berkembang. Apalagi saat ini transportasi menuju sini sangat padat dan jalannya kecil,"
Samosir (ANTARA News) - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar menegaskan jika infrastruktur terutama akses menuju Danau Toba harus segera diperbaiki agar mampu mendukung perkembangan pariwisata didaerah tersebut.

"Tanpa jalan tol kawasan Danau Toba akan sulit berkembang. Apalagi saat ini transportasi menuju sini sangat padat dan jalannya kecil," kata Sapta Nirwandar di Samosir, Jumat.

Menurut dia, rencana pembangunan jalan tol dari Medan menuju Siantar sudah dalam pengkajian. Bahkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa saat membuka Festival Danau Toba 2013 telah menyinggung pembangunan jalan tol.

"Lihat saja kalau siang. Jalanan kesini sangat padat. Butuh waktu lama untuk kesini. Jika ada tol kesini bisa hanya ditempuh dua jam. Kondisi ini jelas akan mempermudah bagi wisatawan," katanya menambahkan.

Selain pembangunan jalan tol, kata dia, pengembangan bandara Silangit yang berada di Kabupaten Toba Samosir harus dimaksimalkan. Apalagi saat ini mulai diterbangi pesawat salah satu makaskapai swasta nasional.

"Bandara ini nantinya membidik warga Batak yang ada diluar. Begitu juga dengan wisatawan asing. Jika penerbangan internasional maka akan lebih mudah lagi," katanya menegaskan.

Jika infrastruktur telah mendukung, kata dia, tinggal saatnya meningkatkan semua materi yang telah ada mulai pemaksimalan kawasan Danau Toba hingga pengembangan budaya asli tanah Batak yang salah satunya dengan membuat paket wisata.

"Festival harus dibuat lebih bermutu lagi. Atraksinya harus unik apalagi budaya disini sudah oke. Tapi jangan ketinggalan. Jalan disini (Samosir) juga harus ditingkatkan," kata Sapta Nirwandar dengan tegas.

Sementara itu Bupati Samosir Mangindar Simbolon mengatakan, khusus untuk pemaksimalan Bandara Silangit pihaknya telah melakukan kerja sama pemerintah kabupaten yang berada disekitar Danau Toba.

Menurut dia, selain memaksimalkan Bandara Silangit yang berada di Kabupaten Toba Samosir pihaknya juga mewacanakan untuk penggunaan pesawat amfibi yang turun langsung di Danau Toba. Bahkan rencana ini telah diujicoba beberapa waktu lalu.

(B016/A011)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013