... di antaranya Presiden Amerika Serikat, Barack Obama... "
Denpasar (ANTARA News) - Jalan Tol Bali Mandara yang menghubungkan Benoa-Ngurah Rai-Nusa Dua dalam rangka simulasi kedatangan kepala negara peserta KTT APEC 2013 ditutup sementara.

"Penutupan sementara itu untuk simulasi pengamanan kepala negara, di antaranya Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, yang dijadwalkan tiba di Bali, pada 6 Oktober mendatang," kata Kepala Humas PT Jasamarga Bali Tol, Drajat Suseno, di Nusa Dua, Bali, Kamis.

Ia mengatakan, menurut jadwal semula Obama tidak melewati tol, namun dengan tol Bali Mandara dioperasikan, maka Obama memilih melewati tol tersebut.

Ia menjelaskan surat pengajuan untuk penutupan jalan tol dalam rangka simulasi pengamanan kedatangan Obama melalui Tol Bali Mandara sudah diterimanya sejak beberapa hari lalu.

"Prinsipnya, penutupan jalan tol itu kewenangan menteri pekerjaan umum. Namun untuk operasional harian PT Jasamarga yang bertanggung jawab," ujarnya.

Drajad mengatakan pihaknya tidak mengetahui berapa lama jalan yang baru diresmikan itu digunakan untuk simulasi, karena semuanya dikendalikan oerasinya dari pengamanan gabungan Polri dan TNI serta instansi terkait.

"Ini demi pengamanan kepala negara. Kami tidak mau berbicara untung rugi dulu," katanya.

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013