Tangerang (ANTARA News) - Kandidat calon presiden hasil pemilihan raya (Pemira) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan diuji publik sebelum diputuskan untuk diusung dalam Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014.

"Dalam beberapa hari ke depan hasil Pemira akan segera diumumkan. Setelah diproses di Dewan Syuro, nanti dilakukan uji publik," kata Presiden PKS Anis Matta di Kota Tangerang Selatan, Sabtu.

Menurut Anis, Pemira yang dilaksanakan di 33 provinsi merupakan upaya untuk mengembangkan sistem demokrasi di internal PKS yang transparan dan melibatkan banyak kader.

"Pemira ini berbeda dengan konvensi karena di Pemira tidak ada pertarungan antarkandidat," katanya.

Di PKS, kata Anis, tidak ada tradisi kader bertengkar karena rebutan jabatan.

"Pemira sudah berjalan dengan baik transparan dan tidak ada celah untuk kecurangan," katanya.

Sementara itu Sekretaris Jenderal DPP PKS Taufik Ridlo mengatakan hasil sementara pantauan di sejumlah DPW PKS di 33 provinsi, tiga besar kandidat capres yang diusung masing-masing daerah yakni Hidayat Nurwahid, Ahmad Heryawan, dan Anis Matta.

"Kepastiannya nanti akan diumumkan beberapa hari ke depan. Namun hasil sementara ini, ada tiga besar nama yang sudah muncul yang seperti beredar sekarang ini di media," kata Taufik Ridlo yang juga Ketua Lembaga Penyiapan dan Penokohan Kader (LPPK) DPP PKS.

Pewarta: Mulyana
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013