Kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi yang terbaik. Tapi mereka (Thailand) lebih kuat
Naypyitaw (ANTARA News) - Kontingen balap sepeda Indonesia gagal mengawinkan emas MTB individu setelah di sektor putra hanya mampu meraih medali perak di lintasan balap Mount Pleasant, Naypyitaw, Jumat.

Pebalap Indonesia yang mampu mempersembahkan perak adalah Bandi Sugito setelah membukukan catatan waktu 01.33.51 atau lebih lambat 31 detik dari peraih emas Peerapol Chawchiangkwang dari Thailand.

Untuk perunggu juga direbut pebalap Thailand Keerati Suprasart dengan catatan waktu 01.34.13.

"Kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi yang terbaik. Tapi mereka (Thailand) lebih kuat," kata Bandi Sugito usai pengalungan medali.

Menurut dia, pebalap Indonesia sebenarnya mampu mengimbangi pebalap Thailand, hanya saja saat Dadi Nurcahyadi memimpin terjadi kerusakan pada sepeda setelah sadelnya patah. Kondisi ini dimanfaatkan lawan untuk menyalip.

Bandi Sugito mengaku dirinya bersama Candra Rafsanjadi yang berada di rombongan depan terus berusaha menekan, namun pebalap Thailand yang sudah unggul terlalu jauh sehingga sulit untuk dikejar.

"Di dua lap terakhir kita terus menekan. Tapi Candra sudah kelihatan lelah. Makanya saya menyodok ke depan untuk mengamankan posisi," katanya menambahkan.

Meski hanya mampu meraih perak, Bandi Sugito tetap bangga. Hasil yang diraih pada SEA Games 2013 sama dengan saat SEA Games 2011 di Jakarta. Selain itu dirinya bersama tiga pebalap yang lain mampu mempersembahkan emas nomor MTB estafet.

Sebelumnya pebalap MTB putri Indonesia Kusmawati Yazid mampu mempersembahkan medali emas nomor MTB individu putri. Emas yang diraih gadis asal Ciamis ini sangat istimewa karena baru didapat setelah lima kali turun di SEA Games.

Dari cabang olahraga balap sepeda sudah menyumbangkan dua emas satu perak untuk Indonesia. Peluang untuk menambah pundi-pundi emas masih terbuka karena masih banyak nomor yang belum dipertandingkan.

Nomor lumbung emas Indonesia di antaranya dari nomor downhill, road race hingga BMX. Target medali dari cabang olahraga balap sepeda adalah lima emas. 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013