London (ANTARA News) - Tahun ini Ardhy Brookman Sitorus menikmati malam pergantian tahun dengan menyusuri Sungai Thames yang membelah kota London, Inggris.

Bersama 12 rekan dekatnya Ardhy menyambut tahun baru dengan pesiar menggunakan kapal wisata.

Ini adalah kali pertama dia melewatkan akhir tahun di kapal pesiar. Sebelumnya pria pemilik usaha katering masakan Indonesia itu merayakan pergantian tahun dengan menyaksikan pesta kembang api di alun-alun kota London.

"Berdesak-desakan di Trafalgar Square untuk bisa menikmati pesta kembang api," katanya.

Tahun ini dia ingin merasakan pengalaman yang berbeda dengan menikmati pesta di kapal wisata, layanan yang disediakan oleh banyak perusahaan pelayaran di Thames.

Ardhy dan kawan-kawannya naik ke kapal sekitar pukul 22.00 malam dari pemberhentian Tower Hill untuk memulai perjalanan menyusuri Thames.

Alunan musik jazz klasik menyambut Ardhy dan penumpang lain memasuki kapal.

Setelah masuk dan duduk di meja yang sudah mereka pesan, para pelayan menghidangkan makanan pilihan mereka, tempura udang dan bayam, potongan daging kambing, empat kentang rebus, buncis muda rebus yang terikat rapi, dan beberapa asparagus tertindih jamur Italia yang berwarna kemerahan.

"Saya benar-benar merasa seperti raja, apalagi hampir setiap 10 menit pelayan-pelayan wira wiri menghampiri meja dan memastikan setiap pengunjung menikmati sambil bertanya ada yang perlu dibantu," tuturnya.

Usai makan-makan, pukul 23:43, meja-meja disingkirkan dan lampu dibikin redup. Lalu terdengar pengumuman bahwa kapal sudah berada tepat di depan London Eye, komidi putar raksasa yang berada tidak jauh dari jam gadang Big Ben.

Para penumpang pun melihat keluar dan menyaksikan kelap-kelip lampu warna-warni pada roda raksasa itu sementara para awak kapal pesiar mengubah ruang jamuan makan mereka menjadi lantai disko dalam tempo 10 menit.

Di lambung kapal ada pentas kecil dengan penari-penari yang lincah bergelantungan pada tiang yang panjanganya hampir dua meter.

Dari ruangan lain DJ memutar lagu-lagu yang sedang populer seperti single terbaru Katy Perry "Roar".

Lantas sirine berbunyi, semua penumpang menatap roda raksasa yang sudah siap sedia memancarkan cahaya warna-warni tiada henti untuk menyambut tahun baru.

Tembakan kembang api dari berbagai penjuru meluncur ke angkasa lalu satu demi satu pecah membentuk bunga raksasa aneka warna. Percikan apinya menghujani kapal-kapal pesiar yang menyusuri sungai.

"Kembang api itu banyak sekali berbaris lurus sepanjang sungai antar Lambert Bridge dan Westminster Bridge menempatkan posisi London Eye di tengah-tengah," katanya.

Di kapal Thames Dinner Cruise, Ardhy dan kawan-kawannya menyaksikan layar yang menampilkan hitungan mundur waktu menuju tahun baru.

Mereka, juga lautan manusia yang berkumpul di Westminster Abbey tak henti meneriakkan ucapan selamat tahun baru dengan berbagai bahasa saat tahun berganti di tengah suara tembakan kembang api yang menghiasi langit tengah malam London.

Pesiar 90 menit pun berlalu tanpa terasa.  Satu persatu penumpang meninggalkan kapal dan melanjutkan langkah ke tahun 2014.

Oleh Zeynita Gibbons
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014