Solo (ANTARA News) - Komunitas tari dan seni pertunjukan Mugidance akan menampilkan penari cilik Marvel Gracia pada perayaan Hari Tari Dunia di Solo tanggal 29 April mendatang.

Penari terkenal asal Solo yang juga pendiri Mugidance, Mugoyono, pada Selasa mengatakan penari cilik yang kini masih duduk di bangku kelas satu Sekolah Dasar Pucangsawit II Solo itu akan membawakan tari tunggal kontemporer.

Mugiyono, yang akrab dipanggil Mbah Mugi, menjelaskan penari cilik yang pernah pentas di Thailand dan Korea Selatan itu akan membawakan tarian berjudul "Pikiran Tubuh" (Body's Thinking) pada perayaan Hari Tari Sedunia yang tahun ini bertema "Dancing outloud".

Marvel yang lahir di Solo tahun 2006, pertama kali pentas pada 2010 untuk menghibur pengungsi korban letusan Gunung Merapi di pendopo Kabupaten Boyolali.

Selanjutnya dia tampil di panggung-panggung acara bertaraf internasional seperti Solo International Performing Art (SIPA), Kereta Kencana World Music, Indonesia Performing Art Mart (IPAM) 2014, World Dance Day 2013 dan Enchanting Puppet Festival di Chiangmai, Thailand.

Marvel juga sudah pernah berkolaborasi dengan penari internasional seperti Virpi Pahkinen dan Oscar Landstorm (Swedia), Ronnarong Khampha dan Thitipol Kanteewong (Thailand), serta Woo Min Young (Korea).

Kali ini, menurut Mbah Mugi, Marvel untuk pertama kalinya akan membawakan tari tunggal.

"Tetapi dia sudah biasa latihan tari tunggal dan tidak ada yang menyuruh tetapi kesadaran sendiri," katanya.

Manager Mugidance Nuri Aryati mengatakan Marvel sudah siap membawakan tari tunggal.

Ia mengatakan, Marvel termasuk anak yang memiliki rasa percaya diri tinggi dalam keseharian maupun di panggung sehingga ketika ditawari menari tunggal dia langsung menyanggupi.


Pewarta: Joko Widodo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014