Jakarta (ANTARA News) - Liverpool, yang tengah berjuang untuk mencapai gelar juara musim ini dengan harapan Manchester City ditundukkan tamunya West Ham United di kandang sendiri, menurunkan tim terbaiknya kala menjamu Newcastle United sebagai laga penutup Liga Utama Inggris 2013-2014 di Anfield, Minggu.

Saat ini, Liverpool berada di peringkat dua klasemen sementara dengan koleksi 81 poin, membayangi peringkat satu Manchester City yang memiliki 83 poin.

Satu poin yang diperoleh tim asuhan Brendan Rodgers dari dua laga terakhir, seolah menjadi antiklimaks setelah mereka mengoleksi 11 kemenangan beruntun di Liga Inggris sejak 8 Februari hingga 20 April 2014.

Di dua laga terakhir mereka dipermalukan Chelsea 0-2 di kandang sendiri dan ditahan imbang Crystal Palace 3-3 di Selhurst Park, setelah sempat unggul tiga gol selama 79 menit dan disamakan dalam sembilan menit saja oleh tuan rumah.

Hasil tersebut membuat Steven Gerrad dan kawan kawan yang sebelumnya berdiri di tempat terdepan dalam perburuan gelar Liga Inggris, harus rela digusur oleh City, yang mengoleksi poin penuh di kala Liverpool tertahan.

Dalam kurun waktu dua pekan terakhir, City melakoni tiga laga dan menyelesaikannya dengan catatan bersih tiga kemenangan, masing-masing 2-0 atas Crystal Palace, 3-2 atas Everton dan 4-0 atas Aston Villa.

Mengalahkan Newcastle saja tidak cukup bagi Liverpool untuk mencuri trofi Liga Inggris, City juga harus kalah dari lawannya West Ham.

Luis Suarez, yang pekan lalu berlinang air mata menyusul hasil imbang di Selhurst Park, tetap menjadi pilihan utama Rodgers. 

Ia juga memiliki kesempatan untuk memecahkan rekor pencetak gol terbanyak di era EPL dengan format 38 pertandingan, yang saat ini ia sudah capai dan berbagi tempat bersama Cristiano Ronaldo serta Alan Shearer dengan 31 gol.

Tandemnya, Daniel Sturridge juga diturunkan oleh Rodgers, demi memanfaatkan ketajaman pasangan berjuluk SAS tersebut. Telah mengemas 51 gol, pasangan penyerang tersebut menjadi yang tersubur kedua sepanjang sejarah era EPL setelah duet Newcastle musim 1993-1994 Andy Cole dan Peter Beardsley dengan 55 gol.

Pemain tengah, Jordan Henderson, kembali merumput untuk membela tim Merseyside Merah itu, setelah menjalani masa hukuman larangan bermain di tiga pertandingan akibat tekel keras yang dilakukannya dalam kemenangan melawan Manchester City, mendampingi kapten tim Steven Gerrard dan Joe Allen.

Berikut adalah susunan lengkap pemain Liverpool vs Newcastle dilansir dari liverpoolfc.com.

Liverpool (4-3-3): Simon Mignolet (kiper), Glen Johnson, Martin Skrtel, Daniel Agger, Jon Flannagan, Steven Gerrard (kapten), Jordan Henderson, Joe Allen, Raheem Sterling, Luis Suarez, Daniel Sturridge

Cadangan: Brad Jones (kiper), Kolo Toure, Mamadou Sakho, Aly Cissokho, Philippe Coutinho, Lucas Leiva, Iago Aspas

Pelatih: Brendan Rodgers

Newcastle (4-4-1-1): Tim Krul (kiper), Steven Taylor, Michael Williamson, Fabricio Coloccini (kapten), Massadio Haidara, Mathieu Debuchy, Moussa Sissoko, Cheick Tiote, Vurnon Anita, Yoan Gouffran, Shola Ameobi

Cadangan: Robert Elliot (kiper), Davide Santon, Mapou Yanga-Mbiwa, Lubomir Satka, Paul Dummett, Sammy Ameobi, Luuk de Jong

Pelatih: Alan Pardew

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014