Ini adalah salah satu cerita terhebat pada masa kita. Sebuah tantangan. Saya senang bisa bekerja dengan Guardian
Los Angeles (ANTARA News) - Sutradara peraih Oscar, Oliver Stone, akan mengadaptasi kisah mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat Edward Snowden untuk film layar lebar.

Sutradara berusia 67 tahun itu akan mengadaptasi kisah Snowden dari buku yang ditulis oleh jurnalis Guardian, Luke Harding, demikian laporan koran-koran Inggris pada Senin (2/6).

Stone dan mitra produksinya Moritz Borman membeli hak cipta buku Harding yang berjudul "The Snowden Files: The Inside Story of the World's Most Wanted Man."

Buku itu memuat kisah seputar peristiwa-peristiwa yang terkait dengan informasi sangat rahasia dalam program pemantauan Badan Keamanan Nasional (National Security Agency/NSA) yang dibocorkan Snowden ke media massa.

"Ini adalah salah satu cerita terhebat pada masa kita. Sebuah tantangan. Saya senang bisa bekerja dengan Guardian," kata Stone seperti dikutip kantor berita Reuters.

Pembuat film yang mendapat Oscar untuk penyutradaraan film "Platoon" (1986) dan "Born on the Fourth of July" (1989) itu akan menulis dan menyutradarai film yang juga mencakup materi-materi dari jurnalis Guardian yang menulis kisah tentang Snowden.

 

Penerjemah: Maryati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014