Banda Aceh (ANTARA News) - Calon wakil presiden Jusuf Kalla ziarah ke kuburan massal korban tsunami  di Lambaro Najid, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Kamis.

Jusuf Kalla beserta istrinya datang didampingi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan tim pemenangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Dia memimpin pembacaan doa untuk korban tsunami 26 Desember 2004.

Usai ziarah Jusuf Kalla bersama rombongan bergerak menuju Sigli, ibu kota Kabupaten Pidie, yang jaraknya sekitar 120 kilometer dari Banda Aceh, untuk memulai kampanye perdana.

"Kami bertemu di Pidie karena Pidie merupakan spirit perjuangan masyarakat Aceh dan Indonesia pada umumnya. Karena itu, kami awali kampanye nasional kami di Aceh, dan Pidie pada khususnya," kata dia.

Saat ditanya tentang target kampanye di Aceh, mantan wakil presiden itu mengatakan ingin mendapat suara mayoritas.

"Menyangkut langkah konkret tentang Aceh, tentu akan saya sampaikan setelah terpilih nanti. Yang terpenting bagi saya bagaimana Aceh lebih baik lagi di masa mendatang," katanya.

Jusuf Kalla mendampingi calon presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli 2014. Mereka maju dengan dukungan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

Sementara pasangan calon presiden-calon wakil presiden peserta pemilihan umum yang lain, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, mendapat dukungan dari Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Golkar.


Pewarta: M Haris SA
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014