... usia sekolah merupakan usia yang masih mudah disusupi doktrin... "
Sukabumi, Jawa Barat (ANTARA News) - Gerakan Muslim Bersatu Sukabumi mengimbau kepada seluruh sekolah untuk mewaspadai gerakan atau jaringan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang menyebarkan pahamnya ke pelajar.

"Mungkin saja ISIS melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan merekrut anggota berstatus pelajar baik tingkat SD sampai SMA, karena usia sekolah merupakan usia yang masih mudah disusupi doktrin," kata Ketua GMB Sukabumi, Wawan Marwan, Senin.

Menurut dia, walaupun saat ini belum ada pihak sekolah baik guru khususnya pelajar yang ikut bergabung dengan ISIS, tetapi antisipasi dini perlu dilakukan seperti memperkuat peran serta orang tua dan guru dalam dipertajam untuk mengantisipasi paham berbahaya.

Selain itu, hal ini harus menjadi perhatian serius semua stakeholder apalagi gerakannya sangat terstruktur dan terencana, sehingga tidak menutup kemungkinan jaringan ISIS sudah masuk ke Sukabumi dan mengembangkan serta merekrut anggota baru ISIS.

"Maka dari itu, kami meminta khususnya dinas pendidikan untuk meningkatkan antisipasi khawatir ada jaringan ISIS yang mencoba menyebarkan pahamnya kepada para pelajar yang masih polos," katanya. 

"Peran guru juga harus dimaksimalkan untuk mencegah masuknya organisasi yang dipimpin Abu Bakar Al-Bagdadi tersebut," katanya.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014